Satpol PP Harus Mengutamakan Pendekatan Persuasif

Penutupan Diksar Banpol PP, Kamis 21-04-2016 di Balai Kota Pariaman

Penutupan Diksar Banpol PP, Kamis 21-04-2016 di Balai Kota Pariaman

Advertisements

Pariaman,PADANG-TODAY.COM__Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP ) Kota Pariaman dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya Satpol PP harus mengutamakan pendekatan persuasif, dan Satpol PP dituntut untuk dapat mengambil peranan dalam mem-back Up kebijakan pemerintah.

“ Satpol PP Kota Pariaman bekerja menegakkan Peraturan Daerah (Perda). Dalam menegakkan Perda, dan kebijakan lainya harus mengutamakan pendekatan persuasive,” Ungkap Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar pada saat penutupan Diksar Banpol PP, Kamis 21-04-2016 di Balai Kota Pariaman baru baru ini.

Katanya, Kegiatan Pendidikan Dasar Bantuan Polisi Pamong Paraja (Banpol-PP) Kota Pariaman yang digelar semenjak tanggal 12 – 21 April 2016 ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan serta pembekalan keterampilan dasar lainnya bagi seorang Satpol PP, oleh karena itu setelah menempuh pendidikan dasar ini personil lebih memahmi tugas pokok dan fungsinya sebagai anggota Satpol PP Kota Pariama.

Genius Umar menekankan kepada peserta, Dengan telah selesainya Diksar ini, berarti istilah “Banpol” tidak lagi melekat, saudara-saudara resmi menjadi angota Satpol PP Kota Pariaman. Selain itu, ia berharap kepada peserta untuk dapat menjadi Satpol PP yang handal, berwibawa dan dipercaya oleh masyarakat sebagai bagian dari aparatur penegak displin, terangnya.

“Kedepan kami harapkan saudara-saudar semua menjadi satpol PP yang handal, berwibawa dan dipercaya oleh masyarakat sebagai bagian dari aparatur penegak disiplin, pengayom dan pendorong bagi terciptanya keaman, ketertiban serta ketentraman masyarakat,” ungkap Genius.

Saat ini, jelas Genius, Kota Pariaman sedang giat-giatnya membangun sektor pariwisata, serta mewujudkan sadar wisata dikalangan masyarakat, maka disinilah Satopl PP dapat mengambil peran dalam mem-back Up kebijakan dan program pemerintah daerah dalam sektor pariwisata, disamping unit regular Kota Pariaman akan membentuk sebuah unit khusus dengan nama Satpol PP Pariwisata.

Ia melanjutkan, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya Satpol PP harus mengutamakan pendekatan persuasif, meskipun kita ketahui dalam prosesnya tidak jarang Satpol PP harus berhadapan dengan resistensi masyarakat, selain itu kami harap dalam menjalankan tugasnya tidak hanya berfungsi untuk aspek penertiban saja, tetapi juga mengembangkan tugas dan fungsinya kearah terlaksananya kebijakan-kebijakan derah ditengah masyarakat, tandas Genius.

Pada kesempatan itu, sebanyak 50 personil Satpol PP Kota Pariaman yang ikut Kegiatan Pendidikan Dasar Bantuan Polisi Pamong Praja (Banpol-PP), beberapa diantaranya menunjukan kebolehan aksi beladiri dan ketangkasan dalam memecahkan tumpukan batu bata dengan kepala serta mematahkan lempengan baja dragon.(sgr)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*