Satreskrim Polres Agam Ringkus Pelaku Curanmor Serta 5 Unit Sepeda Motor

Petugas REskrim Agam, giring Tersangka Curanmor ke Mapolres.

Petugas REskrim Agam, giring Tersangka Curanmor ke Mapolres.

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Seorang spesialis pencurian sepeda motor di Kabupaten Agam berhasil di ringkus oleh jajaran Sat Reskrim Polres Agam ketika pelaku sedang tertidur pulas di rumahnya.

Penangkapan Joni Rafles (30) dilakukan di kediamannya di Jorong Tanjungbatung Kenagarian Kotomalintang Kecamatan Tanjungraya, Senin (6/4) sekitar pukul 02:00 WIB.

Menurut Kasat reskrim Polres Agam, AKP Amprisman kepada wartawan mengatakan, penangkapan pelaku pencurian kendaraan bermotor ini dilakukan setelah tersangka diketahui mengambil satu unit sepeda motor Yamaha Mio tanpa nomor polisi (Nopol) milik salah seorang guru SD 01 Lubukbasung.

” kejadian tersebut bermula ketika Maria si pemilik sepeda motor tersebut tengah melaksanakan shalat Magrib di salah satu masjid yang tak jauh dari rumanya. Pada saat itu Maria memarkir motornya di halaman mesjid tersebut. Tak lama kemudian motor Si korban langsung hilang” ujar AKP Amprisman, kasat reskrim Polres Agam.

Amprisman menambahkan, setelah merasa kehilangan sepeda motornya, si pemilik tersebut tidak melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian, namun korban pencurian itu sudah mengetahui bahwa motornya sudah diamankan di mapolres Agam sebagai barang bukti dan korban datang ke Polres untuk membuktikan bahwa itu motor miliknya yang hilang beberapa waktu lalu.

sebelumnya si korban tidak ada melapor ke petugas, namun si pemilik motor sudah mengetahui bahwa motornya diamankan di Mapolres Agam, saat itu si pemilik lansung ke Mapolres Agam untuk membuktikan bahwa motor tersebut miliknya

Dari penangkapan pelaku pencurian tersebut, awalnya, polisi hanya berhasil menyita satu Barang Bukti (BB) hasil curian tersangka, namun dari pengembangan pihak kepolisian berhasil mengamankan empat unit kendaraan bermotor lainnya dari berbagai tempat. Saat ini total sepeda motor hasil kejahatan tersangka yang telah berhasil diamankan polisi berjumlah lima unit sepeda motor, sedangkan dua unit lainnya masih dalam pengejaran pihak kepolsian karena masih ada rekan korban yang melarikan diri.

Joni Rafles, yang saat ini mendekam di Mapores Kabupaten Agam dijerat pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

Dalam pemeriksaan, Joni mengaku, melakukan aksi Curanmor untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Motor hasil curian tersebut lanjut pengakuan Jon dijual dan digadaikan , sayangnya Joni tetap menutup mulut dimana menjual dan menggadaikannya.

Modus pencurian yang dilakukan Joni yakni mengincar kendaraan roda dua milik warga yang diparkir di depan rumah dengan menggunakan kunci T, tutup AKP Amprisman.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*