Satria Bestari Terpilih, Jadi Ketua LPM Padangtangah Balai Nan Duo

Satria Bestari SE

Satria Bestari SE

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Satria Bestari SE akhirnya terpilih jadi Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Padangtongah Balai Nan Duo, dengan mayoritas suara masyarakat. Pemilih berjumlah 682 suara, di dua Tempat Pemungutan Suara di kelurahan gabungan ini, 395 suara memilih Satria Bestari. Dua calon lainnya, Zul Fitra mendapatkan 192 suara dan Suardi BA yang pensiunan Pemko Payakumbuh dengan 92 suara.

“Alhamdulillah. Ini amanah. Insya Allah kita akan bekerja dengan baik, sesuai prosedur dan kepentingan masyarakat,” ujar Satria Bestari yang terpilih secara demokratis itu, Sabtu (6/8/2016). Suara dihitung di Kantor Lurah Padangtangah Balai Nan Duo.

Bertindak sebagai Ketua Panitia Pemilihan Zuhri Akmal, terlihat melaksanakan pemilihan dengan baik. Terpilihnya calon Ketua LPM nomor urut 2 ini, Satria Bestari SE yang pernah menjadi Ajudan Wakil Walikota tahun 2009 dan pernah bekerja di Asuransi PT Askrida Cabang Padang 2010-2015, kini telah menetapkan diri mengabdi di kampung halaman.

Meski masih muda usia, namun pendekatan dan ketenarannya di masyarakat telah teruji. Makanya terpilih dengan suara mayoritas.

H Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang berucap selamat dan bangga. Niniak Mamak Balai Nan Duo itu merasa bahwa Satria Bestari yang kemenakannya itu menampilkan semangat kepemimpinan bagi masyarakat Padangtangah Balai Nan Duo.

“Insya Allah, dengan kemenangan Satria Bestari, menampilkan kaum muda ke depan lebih baik lagi. Kita tunggu program kerjanya ke depan,” ujar H Almaisyar Dt Bangso Dirajo Nan Kuniang.

Tugas LPM

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang selanjutnya disingkat (LPM) adalah lembaga, organisasi atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ini berdasar Peraturan Mentri Dalam Negri Nomor 5 Tahun 2007 mencakup aktivitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan di tingkat kelurahan. Tugas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, menyusun rencana pembangunan yang partisipatif, Menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan dan mengendalikan pembangunan.

Fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat; penampung dan penyalur aspirasi masyarakat dalam pembangunan, penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam rangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia, peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, penyusunan rencana, pelaksana, pengendali, pelestarian dan pengembangan hasil-hasiln pembangunan secara partisipatif, penumbuhkembangan dan penggerak prakarsa dan partisipasi, serta swadaya gotong royong masyarakat, penggali, pendayagunaan dan pengembangan potensi sumberdaya serta keserasian lingkungan hidup.

Hubungan kerja Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dengan kelurahan bersifat konsultatif dan koordinatif, hubungan kerja Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dengan Lembaga Kemasyarakatan lainnya di Kelurahan bersifat koordinatif dan konsultatif, dan hubungan kerja Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dengan pihak ketiga di kelurahan bersifat kemitraan.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*