Satu Polisi Untuk Setiap Nagari dan Kelurahan

 AKP.Rita Suryani - Kasat Binmas Polres Bukittinggi.

AKP.Rita Suryani – Kasat Binmas Polres Bukittinggi.

Advertisements

Bukittinggi, PADANGTODAY.com-Demi lebih terciptanya keamanan yang cukup kondusif ditengah masyarakat, Polres Bukittinggi berencana untuk membentuk Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) di setiap nagari dan kelurahan di wilayah hukum Polres Bukittinggi, yang meliputi Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam wilayah timur.

Hal ini diungkapkan, Kasat Binmas Polres Bukittinggi AKP. Rita Suryani, ia mengatakan selama ini Babinkamtibmas telah ada di kawasan hukum Polres Bukittinggi. Namun jumlahnya tidak banyak, dan kerjanyapun belum maksimal karena banyak yang merangkap. Maka dari pada itu masing-masing personil Babinkamtibmas yang akan ditunjuk nantinya hanya bertugas di wilayah nagari atau kelurahan dan tidak ada tugas lain atau merangkap kerja yang lainnya. Dalam waktu dekat ini, kami akan kumpulkan seluruh Babinkamtibmas untuk diberi pengarahan dan berbagai rencana tupoksi kerja mereka di lapangan nanti.

Rita menjelaskan, pembentukan Babinkamtibmas itu bertujuan untuk meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas di tingkat nagari dan kelurahan. Jika ada permasalahan yang terjadi di nagari atau kelurahan, maka Babinkamtibmas disana berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Saat ini, untuk di Kota Bukittinggi ada 24 kelurahan, sementara untuk nagari di Kabupaten Agam wilayah timur berjumlah 49 nagari. Ini berarti ada sebanyak 73 babinkamtibmas yang akan dibentuk oleh Polres Bukittinggi.

“Babinkamtibmas akan mencoba menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan dibantu oleh Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM). Namun jika tidak memungkinkan, maka Babinkamtibmas ini akan mengarahkan langkah apa yang harus dilakukan warga,” ujar Rita.

Dalam kesempatan itu AKP Rita juga menjelaskan, selalu memakai teori Lima R dalam menghadapi masyarakat, yakni Rumah tangga Masyarakat, Rumah sekolah, Rumah Ibadah, Rumah adat dan rumah bagonjong. Dengan hadirnya babinkamtibmas di setiap nagari dan kelurahan, Rita berharap bisa membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk bersama-sama polisi menciptakan atau menjaga keamanan nagari atau kelurahan dari gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.(doni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*