Satu Rumah Ludes Terbakar Akibat Arus Pendek

Pasca kebakaran yang terjadi di rumah Maidison, Nagari Gurun Sijangek Tanah Datar pada Rabu (13/07).

Pasca kebakaran yang terjadi di rumah Maidison, Nagari Gurun Sijangek Tanah Datar pada Rabu (13/07).

Tanahdatar, PADANGTODAY.com – Si jago merah kembali beraksi, kali ini melahap satu rumah milik keluarga petani Maidison dan enam orang anaknya pada Rabu (13/07) malam sekitar pukul 20.10 WIB.

Warga Nagari Gurun Sijangek Tanah Datar ini tidak menyadari, bahwa api telah membakar bagian atas loteng mereka.

“Saat itu kami sedang asik menonton TV sekeluarga. Kemudia tiba-tiba ada bara api kayu jatuh dari loteng kami,” ujar Maidison.

Seketika, Maidison bersama keluarga berusaha untuk mematikan api yang jatuh dari loteng atas. Namun karena api yang sudah membesar, Maidison bersama keluarganya lari untuk menyelamatkan diri keluar rumah.

“Satu persatu saya selamatkan anak-anak saya yang masih kecil-kecil pak. Sambil berteriak, akhirnya warga setempat membantu kami, namun barang-barang tidak ada yang terselamatkan, semua hangus pak,” kata Maidison.

Terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanah Datar, Sunaryo menyebutkan diduga kuat api berasal dari korsleting arus pendek di atas loteng rumah korban.

“Kejadian diketahui petugas kami pada pukul 20.15 dan 3 unit Damkar langsung menuju lokasi. Dalam waktu 40 menit api berhasil dipadamkan,” ujar Sunaryo.

Api yang melahap rumah keluarga Maidison sangat cepat karena rumah tersebut semua dinding dan tembok terbuat dari kayu (semi permanen).

“Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun memang peralatan rumah beserta isi isinya ikut hangus terbakar,” ungkap Sunaryo.

Belum dipastikan berapa kerugian yang terjadi akibat kebakaran ini. (romi)