Sayang Prabowo dan Jokowi, Di Maluku Banyak Suara Tidak Sah

sayang-prabowo-dan-jokowi-pemilih-di-maluku-coblos-dua-duanyaJakarta, PADANGTODAY.com – Saksi dari pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Rambe Kamarul Zaman mengeluhkan banyaknya surat suara tidak sah. Dalam rekapitulasi nasional yang berlangsung, Senin (21/7), KPU baru melakukan rekapitulasi terhadap 4 dari 18 provinsi tersisa, yakni Bali, Riau, Maluku dan Sulawesi Tengah.

 

Masing-masing daerah mencatat jumlah surat suara tidak sah yang cukup besar yakni Bali sebanyak 17.870, Riau sebanyak 17.623, Maluku sebanyak 4.427, dan Sulawesi Tengah sebanyak 8.599

“Kenapa ini banyak sekali surat suara tidak sah, apa penyebabnya, kenapa bisa tidak sah. Mending (pemilih) tidak usah ikut pemilu,” kata Rambe di Gedung KPU, Jakarta, Senin (21/7)

Rambe menilai, pilpres relatif lebih mudah dibanding pileg lalu, namun surat suara tidak sah dinilai masih besar. “Kalau pileg lalu memang, ada yang pilih partai tertentu tapi saudaranya di partai lain. Ini kan cuma dua,” tanya Rambe.

Keluhan Rambe dilontarkan saat rekapitulasi sampai pada Provinsi Maluku. Menanggapi hal ini, Ketua KPU Maluku Musa L Toekan mengatakan, banyak hal yang menjadi dasar surat suara tidak sah.

Alasan surat suara tidak sah, menurut Rambe tidak hanya didasari oleh ketidaksukaan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden, malah justru lantaran mendukung keduanya.

“Ada pemilih yang sayang kepada kedua pasangan calon sehingga dipilih dua-duanya. Kelebihan surat suara dimusnahkan,” jelas Musa.

(mr/nol)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*