SD Guguak Malintang Wakili Padangpanjang

PADANGPANJANG-Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Kelurahan Guguak Malintang Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), mewakili daerah itu dalam penilaian tata kelolah dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS) yang baik tingkat provinsi 2016.

“Penilaian akan dilakukan sekitar akhir Mei 2016 ini,” kata Kepala SDN 04 Guguak Malintang Padang Panjang, Ernita di Padang Panjang, Rabu.

Ia menambahkan, bagi pengelolaan dana BOS yang sesuai dengan peruntukannya selain mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat juga dalam rangka meningkatkan pengelolaan BOS yang baik, transparan dan akuntabel.

“Kami sudah mempersiapkan diri untuk itu. Mudah-mudahan bisa menjadi terbaik,” ujarnya.

Pemenang lomba tata kelola BOS SD akan mengikuti rangkaian acara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2016.

Penilaian pada setiap sekolah peserta lomba difokuskan pada aspek-aspek kinerja pengelolaan dana BOS yang telah dilakukan oleh sekolah diantaranya dari aspek ketepatan pengelolaan dana BOS.

Penilaian terhadap aspek kinerja pengelolaan dana BOS difokuskan pada bagaimana sekolah menyusun rencana penggunaan dana di sekolah dan bagaimana penggunaan dananya.

Indikator penilaian untuk aspek ini adalah perencanaan yang baik dan kesesuaian penggunaan dana BOS sesuai Petunjuk Teknis BOS.

Kemudian penilaian aspek ketepatan adminsitrasi dan dampak BOS. Penilaian terhadap aspek ini difokuskan pada bagaimana sekolah menyelenggarakan administrasi pengelolaan BOS di sekolah, serta sejauh apa kegiatan yang telah disusun dan didanai BOS bisa memberikan dampak yang positif bagi mutu pembelajaran di sekolah.

Anggota DPRD Padang Panjang, Hendra Saputra berharap SDN 04 Gugak Malintang bisa menjadi yang terbaik dalam lomba tata kelolah dana BOS tersebut.

“Ini merupakan penilaian pengelolaan dana BOS yang tepat sasaran di SD untuk memicu pengguna anggaran berbuat sesuai dengan aturan,” katanya.(nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*