Sebelas Saluran Televisi Perancis Terkena Cyber Attack

Ilustrasi cyber attack.

Ilustrasi cyber attack.

Advertisements

Perancis, PADANGTODAY.COM-Sebelas saluran (kanal) jaringan televisi Perancis TV5Monde terkena cyber attack pada Rabu (8/4) malam waktu setempat. Bukan hanya itu, situs web dan media sosial jaringan televisi itu juga tak bisa diakses selama beberapa jam.

Direktur Jenderal TV5 Monde Yves Bigot menyatakan, situs web dan situs media sosial mereka diretas oleh kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (NIIS). Pada Kamis dini hari, situs web TV5 Monde masih ditutup dengan pesan ”dalam perawatan” dan meminta pembaca bersabar.

Peretasan itu terjadi pada Rabu pukul 22.00 waktu Paris (atau Kamis pukul 03.00 WIB). Perbaikan berlangsung hingga lebih dari lima jam.

Sejumlah dokumen diunggah di laman Facebook TV5Monde, menyebarkan identitas keluarga dan kerabat tentara Perancis yang terlibat dalam operasi melawan NIIS. Para hacker menuduh Presiden Perancis Francois Hollande telah melakukan ”kesalahan yang tidak termaafkan” dengan melibatkan diri dalam ”perang tanpa tujuan”.

Perancis merupakan bagian dari koalisi militer pimpinan Amerika Serikat yang melakukan serangan udara terhadap posisi NIIS di Irak dan Suriah. Beberapa bulan terakhir, kelompok itu merebut sejumlah daerah di sana.

Sebuah pesan yang diunggah peretas di laman Facebook TV5Monde tertulis ”CyberCaliphate melanjutkan cyberjihad melawan musuh NIIS”. Kelompok peretas itu mengganti gambar profil media sosial TV5Monde dengan pejuang bertopeng.

Sejauh ini belum ada klaim dari kelompok yang bertanggung jawab melakukan peretasan itu, baik dari kelompok NIIS maupun kelompok lainnya. Namun, logo NIIS terlihat di beberapa akun media sosial TV5Monde.

Pengguna Twitter, Francesco Strazzari, @franxstrax, mengunggah foto TV5Monde yang diretas dan bertulisan ”Je suIS”.

Peretasan itu direspons para pengguna media sosial. Eddy Jemain, warga Perancis, dalam laman Facebook menulis, ”Saudara-saudaraku kaum Muslim. Tolong hentikan ini. Saya seorang Muslim seperti kalian. Saya tidak bisa menerima apa yang kalian lakukan. Tunjukkan kalian lebih dewasa dan berpikirlah kritis.”

Kementerian Kebudayaan dan Komunikasi Perancis menyebutkan, TV5Monde menayangkan berbagai program hiburan, berita, dan kebudayaan Perancis yang menjangkau sekitar 260 juta pemirsa di seluruh dunia.

TV5Monde di bawah pengelolaan bersama Pemerintah Perancis, Kanada, dan Swiss, serta Federasi Wallonia-Brussels. Selain mengisi konten untuk TV5Monde, jaringan ini juga menyediakan konten untuk France2, France3, France24, dan Radio France

(RAK/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*