Seekor Spesies Paus Ditemukan Terdampar Di Sebuah Pantai Di Australia Barat

ilustrasu

ilustrasu

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Seekor spesies paus yang diperkirakan dalam jurang kepunahan ditemukan terdampar di sebuah pantai di Australia Barat.

Kejadian terdamparnya paus yang masuk dalam spesies Omura ini merupakan yang kedua dalam kurun waktu 200 tahun.

paus Omura ini dilaporkan ditemukan di pantai terpencil di Exmouth yang terletak di ujung negara bagian North West Cape setelah siklon Tropis Olwyn melewati daerah tersebut bulan lalu.

Para ilmuwan dari Departemen Perlindungan Satwa Liar di Australia menyebutkan jika bangkai paus Omura ini bisa menjadi objek penelitian terkait DNA untuk mengidentifikasi ikan paus sejenis yang kemungkinan juga bisa terdampar di sepanjang garis pantai di perairan Indonesia, Filipina, dan Laut Jepang.

“informasi yang kita peroleh dari ikan paus ini akan membantu untuk meningkatkan panduan terkait identifikasi paus dan juga lebih memahami distribusi regional paus.” ungkap seorang juru bicara departemen tersebut.

Paus Omura sendiri memiliki bentuk tubuh yang ramping dan bentuk kerangka yang unik, termasuk rangkaian 53 tulang dengan empat di antaranya berada di setiap sirip dadanya.

Kerangka paus ini sendiri dikabarkan akan digunakan untuk studi ilmiah lebih lanjut dan diharapkan setelahnya dapat dipamerkan di museum-museum publik.

(dzm/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*