SEGERA TERBIT BUKU RETROSPEKSI MINANGKABAU KARYA BAGINDO

Advertisements

 

 

Padang-today.com – Yohanes Wempi atau yang akrab disapa Bagindo ini akan segera menerbitkan buku yang berjudul Retrospeksi Minangkabau.

Buku Retrospeksi Minangkabau ini diterbitkan oleh PT. Nusantara Persada Utama dengan tebal 100 halaman,buku ini sudah rampung pengerjaan oleh penerbit.

Buku hasil ini mengupas bagaimana kondisi kekinian Minang yang akan coba diarahkan kembali seperti zaman kejayaan dahulu.

“Tanah Minang kita ini adalah tempat persemaian tokoh nasional dan dunia. Sekarang kita lihat sudah terdegradasi, tidak banyak lagi karya anak minang yang mengembalikannua,  sehingga perlu perjuangan untuk mengembalikan kejayaan Minang itu lagi, dan Saya tulis buku ini merupakan gagasan bagai mana minangkabau kembali jaya,”ujar Bagindo Yohannes.

Dijelaskan Bagindo Yohanes, buku ini mengangkat dan mengungkap nilai-nilai budaya Minang yang perlu dibangkitkan lagi kejayaannya.

“Kembali Minang jaya itu harus juga disinergiskan dengan pembangunan daerah yang mengarah pada penataan budaya Minang, selain itu khas dari fisik konstruksinya juga tidak lepas dari unsur- unsur budaya Minang, artinya ‘boomingkan’ dulu minang itu dan harus menjadi tuan di rumah sendiri.”ujarnya.

Muara dari perjuangan Bagindo Yohanes Wempi ini adalah menjadikan nagari Minang istimewa.

“Bukan makar ataupun inkonstitusional ya, tapi nagari Minang istimewa itu terkait kebudayaan dan potensi besar yang dimiliki Minangkabau sejak dulu, yang sepantasnya layak diberikan brevet negeri istimewa ke ranah minang ini,”tukasnya.

Dengan adanya buku ini, menambah koleksi buku yang coba mengupas dan memberikan gagasan yang bertemakan mengangkat budaya-budaya Minang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*