Selama Lebaran, Layanan IGD RSUD Adnaan WD Payakumbuh Naik

Payakumbuh

Payakumbuh

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pelayanan kesehatan bagi peserta JKN selama libur mudik lebaran H-7 dan H+7 lalu, meningkat cukup signifikan di Payakumbuh. Selama rentang waktu tersebut (29/6-14/7),  jumlah kunjungan ke RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh yang dilayani di ruang IGD, mencatat 1.073 pasien. Rata-rata kunjungan, 67 pasien/hari.

Dirut RSUD Adnaan WD, dr. Hj. Merry Yuliesday, menginformasikan, Minggu (24/7), pelayanan yang diberikan selama cuti lebaran itu, sangat menguntungkan sekali bagi perantau yang mudik lebaran. Dari total 1.073 kunjungan, tercatat 532 (48%) pasien merupakan warga rantau yang pulang kampung saat cuti lebaran. Dari 532 pasien rantau, 60 orang di antaranya berasal dari luar daerah Sumbar atau kota-kota lainnya di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Menurut Merry, sisa kunjungan 541 (52%) pasien lagi,  merupakan warga Kota Payakumbuh dan daerah tetangga Kabupaten Limapuluh Kota. Semua pasien yang datang berkunjung dalam kondisi emergency dan non emergency dengan jenis penyakit beragam. Tapi, menurutnya, kebanyakan mengidap infeksi saluran pernapasan.

Pelayanan ekstra yang diberikan selama cuti lebaran, bagian dari program Pemko dalam menyukseskan lebaran baru lalu. Tidak hanya di RSUD Adnaan WD, malahan seluruh Puskesmas pun, diminta Walikota Payakumbuh Riza Falepi untuk tetap membuka pelayanan kesehatan.

Dalam catatan di RSUD Adnaan WD, tidak semua pasien yang datang merupakan peserta  BPJS. Dari 1.073 pasien hanya 678 pasien yang memiliki kartu BPJS. Sisanya, 395 pasien lagi, merupakan pasien umum.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*