Selama Lebaran, Penggunaan Layanan Video Call dan Wartelsuspas di Lapas Padang

Padang-today.com – Lembaga Pemasyaratan (Lapas) Klas II.A Padang membuka layanan video call bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) 
agar mereka bisa bersilaturrahmi secara virtual dengan keluarga mereka pada momen Idul Fitri 1442 Hijriah kali ini, sekaligus untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

Advertisements

“Saat lebaran tingkat kunjungan ke Lapas Muaro cukup ramai, guna membatasi maka itu buka layanan video call bagi warga binaan,”kata Kepala Lapas Kelas IIA Padang Era Wiharto.

Berdasarkan data tingkat kunjungan ke Lapas Muaro pada lebaran pertama berjumlah 280 orang, hari kedua berjumlah 148 orang.Kekhawatiran penyebaran virus corona dimana
meningkatnya jumlah kunjungan ke Lapas, maka dibuka layanan video call. Warga binaan bisa menggunakan secara gratis.

Menurut dia, pemanfaatan layanan video call dan wartelsuspas oleh WBP meningkat dari hari biasanya, sampai hari ini H+2 Hari Raya Idul Fitri 1442 H tercatat 54 orang WBP yang memanfaatkan layanan video call dan sembilan orang pada layanan wartelsuspas.

Selama Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun ini, layanan video call dan wartelsuspas dibuka dua kali; pagi pada pukul 08:00 – 12:00 WIB dan siang pada pukul 13:30 – 17:00 WIB. “Setiap WBP diberi waktu 10 menit untuk setiap layanan, baik itu video call maupun wartelsuspas,”jelas Era Wiharto.

Era Wiharto menyebutkan, tingginya antusiasme dari WBP dalam menggunakan layanan ini. Dihari kedua kita menambah dua alat lagi selama masa lebaran ini untuk layanan video call seiring meningkatnya antusias WBP.

“Dengan penambahan alat ini, semoga semua WBP mendapat kesempatan yang sama dan dapat memangkas antrian yang panjang,” tutur Kalapas Era Wiharto.

Sementara itu WBP Muhammad Rizky mengucapkan terima kasih kepada Lapas Kelas IIA Padang yang telah menyediakan layanan video call dan wartelsuspas ini.

“Meskipun saat ini kami tidak bisa bertemu secara langsung dengan keluarga, setidaknya layanan ini sedikit mengobati rasa rindu kami terhadap mereka di rumah,” ucap WBP Muhammad Rizky yang telah merasakan kedua manfaat layanan ini. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*