Seleksi SGI Serentak 12 Kota di Indonesia

Padang,padangtoday.com-Secara serentak 12 kota besar di penjuru Indonesia; Bogor, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Palembang, Riau, Pontianak, Makassar, Kendari, dan Mataram, adakan seleksi calon guru transormatif Sekolah Guru Indonesia (SGI) Progressional Class angkatan ke-15.

SGI tengah membidik calon-calon pendidik generasi hebat. Rekrutmen yang dibuka semenjak akhir Agustus kemarin, menjaring beberapa calon guru masa depan, baik berlatar kependidikan maupun non-kependidikan.

“Para pejuang pendidikan ini telah unjuk kebolehannya dalam proses seleksi yang dilakukan selama sehari di Graha Kemandirian Dompet Dhuafa Singgalang kemarin. Semuanya memberikan yang terbaik, semoga putusan yang diambil juga yang teraik, salam guru hebat!” pungkas Rizki Ikhwan, Koordinator SMT selaku PIC seleksi SGI wilayah Sumbar, yang juga merupakan alumni SGI angkatan ke-5.

Dalam agenda ini, bersama dua alumni SGI lainnya, Asnita dan Nova, Rizki menjadi tim seleksi yang menilai aksi 18 peserta seleksi yang memparaktikan gaya pengajaran efektif di kelas. Ada yang membawa tools pendukung, ada yang mengandalkan imajinatif diri, dan juga ada peserta yang berbekal bahasa tubuh yang dominan sebagai daya tarik dalam praktik mengajar.

“Untuk jumlah yang bakal diterima nanti, SGI tak membatasi
kuotanya, tergantung nilai masing-masing calon. Kalau nilai mereka bagus dan potensial dalam metode praktik ajar, tentu mereka berhak lulus. Tujuannya adalah menciptakan generasi Guru dengan karakter 3P; Pengajar, Pendidik, dan Pemimpin, yang siap terjun ke masyarakat berbasis pada pemahaman psikologi, kreatif dan mengikuti perkembangan tekhnologi,” imbuh Rizki pada Kamis (22/10).

Seleksi ini merupakan finalisasi dari rangkaian tahapan yang meliputi seleksi berkas, test micro teaching, dan wawancara. Selanjutnya tinggal menunggu penilaian untuk memperoleh kandidat terbaik yang akan dibina selama 3 bulan di Gedung SGI yang beralamat di Jl. Raya Parung Bogor KM 42, Ds. Jampang, kec. Kemang. Kab. Bogor, Jawa Barat. (n/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*