Seluruh OPD Pemko Padang Panjang Terkoneksi Dengan jaringan fiber optik metronet

Padang Panjang, Padang-Today.com – Dalam upaya meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan internet di Padang Panjang, Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan PT Telkom Tbk memasang jaringan metronet.Semenjak Agustus 2017 lalu Padang Panjang sudah menggunakan jaringan metronet, yang mana jaringan tersebut sudah terpusat di Dinas Kominfo.

Advertisements

Kepala Dinas Kominfo Marwilis, SH, M.Si mengatakan selama ini Akses internet di Padang Panjang dinilai kurang memadai karena jaringan speedy yang selama ini digunakan di setiap OPD sering mengalami kemacetan atau gangguan.

“Semenjak beralihnya jaringan tersebut dengan menggunakan metronet, segala akses yang dilakukan akan lebih efektif dan efesien walaupun diakui karena system ini masih baru disana sini masih memerlukan penyempurnaan”, ujar Marwilis di Kantor Dinas Kominfo, Minggu (4/2).

Tujuan pemasangan jaringan internet guna mengantisipasi masyarakat yang gaptek serta seluruh OPD juga dapat menyelesaikan kegiatan kerja sehari- hari, apalagi saat ini Pemerintahan Kota sudah menerapkan aplikasi e-planning yang membutuhkan jaringan internet.

Disamping hal itu Kepala Bidang E-goverment dan Teknologi Informasi Dinas Kominfo Ario Dian Pratama, ST mengatakan jaringan metronet ini merupakan jaringan menggunakan media fiber optik, dimana jaringan tersebut yang memiliki kecepatan cahaya sehingga sangat minim dengan gangguan.

Sebanyak 44 titik di lingkungan Pemerintah Padang Panjang sudah memakai jaringan metronet. Dan akan ada lagi penambahan sebanyak 7 titik yang terdapat UPTD OPD yang belum menggunakan jaringan metronet ini.

Sementara itu Rafki Zulastri, S.Pd salah satu staf yang menangani masalah jaringan internet Dinas Kominfo menjelaskan untuk penanganan masalah jaringan yang terjadi, Tim Dinas Kominfo sudah menunjuk operator pada setiap OPD.

“Operator yang kami tunjuk ini sudah dibekali terlebih dahulu dengan tujuan agar mereka bisa melakukan perawatan ataupun penanggulangan masalah jaringan metro yang terjadi di OPD mereka masing – masing”, jelas Rafki.

Jika operator tersebut tidak dapat menanggulangi permasalahan jaringan di OPD masing masing , maka Tim Dinas Kominfo akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan penanggulangan masalah jaringan yang terjadi, Rafki menyudahi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*