Semarak Takbiran, Pakan Sinayan Gelar Arakan Obor

Sekdako Benni Warlis ketika memberikan pencerahan pada kegiatan Pesantren Ramadhan di Masjid Muslimin Labuh Baru.

Sekdako Benni Warlis ketika memberikan pencerahan pada kegiatan Pesantren Ramadhan di Masjid Muslimin Labuh Baru.

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Lurah Pakan Sinayan Kecamatan Payakumbuh Barat, Zailendra, S.IP, menggandeng,  seluruh elemen masyarakatnya,   menggagas sebuah acara semarak takbiran, menyambut Lebaran  1436 H. Gelar acara yang diangkat arak-arakan warga dengan  obor di tangan, mengelilingi kampung, Kamis (16/7) malam.

Kegiatan  yang baru  pertama kali dilaksanakan itu, melibatkan seluruh komponen masyarakat setempat. Tidak kurang dari 400 orang warga, seperti pengurus LPM, ninik mamak, pengurus masjid, pengurus RT/RW, pelajar dan murid TPA Nurul Falah akan ikut dalam arakan tersebut.

Keterangan Lurah Zailendra Selasa (14/7),  kegiatan pawai obor tersebut, merupakan keinginan masyarakat setempat.  Dengan mengumandangkan suara takbir diiringi beduk, semarak Lebaran akan terasa di Pakan Sinayan. Warga, diajak untuk menyambut lebaran dengan suasana gembira. “Kita tak ingin ada tangis di Pakan Sinayan dalam menyambut lebaran,” katanya.

Salah seorang tokoh masyarakat  setempat S.  Dt Rajo Imbang,  mengatakan, dirinya sangat mendukung dari kegiatan tersbut, bahkan dirinya mengajak seluruh anak kemanakan nya untuk ikut serta dalam memeriahkan  malam takbiran nanti.

Setelah dilepas lurah dari lapangan sepakbola Pakan Sinayan, rute arakan api obor itu,  bergerak menuju jalan Soekarno-Hatta, kemudian masuk jalan lingkungan pada sampai ke kawasan Perumnas Griya Asri dan keluar di Jalan Sutan Syahrir. Dari Jalan Sutan Syahrir masuk kesurau Nurull Haq dan keluar dijalan Sukarno-Hatta dan   kembali kelapangan sepakbola Pakan Sinayan.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*