Semen Indonesia Gandeng Kabupaten Gresik Bangun Pabrik Pengolahan Sampah

pabrik-pengolahan-sampahJakarta, PADANGTODAY.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggandeng pemerintah Kabupaten Gresik membangun pabrik pengolahan sampah di Desa Ngipik, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Pabrik pengolahan sampah ini berkapasitas 240 ton per hari ini.

“Terbatasnya lahan pembuangan sampah memberikan dorongan kami untuk memanfaatkan sampah yang semula tidak bernilai jual menjadi energi alternatif di industri Semen,” ujar Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjpto dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (16/9).

Dwi menyebut, dana yang digelontorkan untuk pembangunan pabrik pengolahan sampah mencapai Rp 13,5 miliar. Pembangunan dimulai September 2014 dan ditargetkan beroperasi komersial pada Januari 2015. Pada tahap awal akan menggunakan sampah yang ada di TPA Kab Gresik, kedepan tidak menutup kemungkinan akan memanfaatkan sampah dari Tuban maupun Lamongan.

Dia menyebut, selama ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang digunakan untuk pembuangan sampah di Kab Gresik luasnya hanya 6 hektar, dengan deposit sampah sebesar 210.000 ton. Sedangkan penambahan sampah per hari bisa mencapai 220 ton.

Karena itu dia yakin pabrik pengolahan sampah adalah solusi terbaik. “Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dengan pengolahan sampah ini diantaranya adalah mengurangi kebutuhan luasan lahan untuk TPA sampah kota sebesar 2,2 ha/tahun, mengurangi bahan-bahan pencemar tanah dari sampah ke lingkungan dan pembukaan lapangan pekerjaan baru karena pabrik ini akan beroperasi selama 24 jam,” jelas dia.

Dwi menambahkan pembangunan pabrik ini dengan menggunakan tenaga ahli Rancang Bangun Perseroan, tenaga ahli tersebut akan membantu dalam proses engginering dan pembangunan fisik pabrik sampah.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*