Sempat Molor, KPU Tetapkan Empat Pasang Cagub/Cawagub Sumbar

Advertisements

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menetapkan empat pasang calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sumbar ikut bertarung Pilkada 2020.

“Rapat pleno memutuskan empat pasang sah ditetapkan sebagai calon kepala daerah,”kata Divisi Tehnis KPU Sumbar, Izwaryani di Padang.

Menurut dia, tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan surat pada KPU Sumbar.

“Hasil pemeriksaan kesehatan calon dilakukan IDI telah diberikan pada KPU Sumbar, hasilnya dimana para calon dinyatakan mampu untuk melanjutkan tahapan selanjutnya,”ucap dia.

Rapat pleno tertutup penetapan calon kepala semula dimulai pukul 10.00 WIB, akhirnya ditunda sampai pukul 13.15 WIB. Tertunda penetapan calon oleh KPU, Izwaryani menyebutkan KPU menunggu hasil rekomendasi IDI terkait pemeriksaan kesehatan salah satu calon kepala daerah.

Ada salah satu calon, direkomendasikan tunda oleh dokter karena sebelumnya tidak bisa melakukan pemeriksaan kesehatan. Calon tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan pada 21-22 September 2020.

“Hasil ini ditunggu KPU Sumbar dari IDI, hasil tersebut calon bisa untuk melanjutkan proses tahapan Pilkada selanjutnya, hasil tersebut resmi empat pasang calon,”jelas Izwaryani.

Tahapan selanjutnya yakni pencabutan nomor urut pasangan calon. Pencabutan nomor urut dilakukan pada Kamis (24/9) sekira pukul 14.00 WIB di salah satu hotel Kota Padang.

“KPU membatasi orang masuk dalam ruangan ketika pencabutan nomor urut,”pungkas Izwaryani.

Sementara itu Ketua KPU Sumbar Amnasmen menyatakan rapat pleno penetapan dilakukan tidak mengundang calon kepala daerah, penghubung pasangan calon, serta partai politik pengusung calon.

“Hal ini dilakukan dalam penerapan protokol kesehatan dilakukan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di KPU Sumbar,”kata dia.

Penetapan calonmelalui Surat Keputusan (SK) Nomor.63/PL.02.3-Kpt/13/KPU-Prov/IX/2020, tertanggal 23 September 2020 yang ditandatangani ketua KPU Sumbar Amnasmen.

Calon ditetapkan KPU Sumbar yakni Mahyeldi Ansyarullah-Audy yang diusung PKS dan PPP, Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung Gerindra, Fakhrizal-Genius Umar diusung Golkar, PKB dan Nasdem, serta Mulyadi-Ali Mukhni diusung Demokrat-PAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*