Serba-serbi Pemotongan Kurban

seba-serbi-kurban
PADANG, PADANGTODAY.com-Meski tiap tahunnya Dompet Dhuafa Singgalang selalu menambah titik sebaran Tebar Hewan Kurban (THK), selalu ditemukan titik baru lagi yang di daerahnya tidak ada pekurban atau bahkan sampai bertahun-tahun tidak kurban. Tahun ini, Mushala Sinar Timbulun lah salah satu titik terbarunya. Sudah lima tahun berturut-turut tidak ada prosesi pemotongan hewan kurban usai shalat ied dilaksanakan.”Tahun-tahun lalu itu, kami hanya mengharapkan kelebihan daging kurban dari kampung sebelah,” terang Suman, pria paruh baya yang merupakan orang cukup disegani di daerah tersebut.

Advertisements

Lokasi mushala jauh di bukit paling ujung daerah Simpang Ampek Nagari Koto Hilalang Kubung Kabupaten Solok. Ada 96 kepala keluarga (KK) yang ibadahanya berpusat di mushala tersebut. Anak-anak riang menyasikan, mengintip-ngintip dari dalam mushala. Antara senang dan takut mereka menyaksikan sapi besar warna putih itu dipotong oleh Pak Saman.

“Kami doakan semoga ibadah para pekurban ini berkah, diterima Allah dan menjadi peningkat derajat keimanan mereka. Sungguh, kami senang sekali dapat melakukan pemotongan hewan kurban di mushala kami tahun ini,” papar Saman.

Lain di Mushala Sinar Timbulun lain pula di Mushala Jami’aturrahman Batu Busuk Pauh Padang. Cuma kurban dari para pekurban Dompet Dhuafa Singgalang yang mereka potong di sana. “Syukur alhamdulillah, 250 warga kami tak perlu lagi mencigok ke kampung sebelah untuk mendapat daging kurban,” kata Eri, warga setempat dengan senyum bahagia.

Usai prosesi pemotongan dan pembagian daging, masyarakat berkumpul di mushala. Ada bagian yang diperuntukkan untuk dimasak dan dimakan bersama di mushala. “Masyarakat melakukan syukuran atas adanya kurban yang kemudian dipotong di mushala mereka tahun ini,” jelas Tim THK Dompet Dhuafa Singgalang, Dana Kurnia.

Seperti kebanyakan masyarakat yang menjadi penerima manfaat dari para pekurban THK Dompet Dhuafa Singgalang, masyarakat Mushala Jami’aturrahman ini juga berharap, tahun depan Dompet Dhuafa Singgalang tetap menyalurkan hewan kurban kesana. Semakin banyak pekurban yang mempercayaan eksekusi kurbannya ke Dompet Dhuafa Singgalang, maka aan semakin bertambah pula titik-titik daerah marginal dan minim pekurban yang dapat menjadi sebaran. “Barakallah. Semoga ibadah kurban kita benar-benar menjadi penambah derajat keimanan dan ketakwaan dalam diri kita,” tutup Dana. (dil/winda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*