Secangkir Kopi Membuat Kita Bercerita

Photo Ilustrasi Kedai Kopi Santai

Advertisements

Padang-today.com__Menurut survey penggemar Kopi di Sumatera Barat cukup meningkat dengan tingginya kualitas Kopi yang disuguhkan kepada pengemarnya. Bagi orang Minang, Kopi adalah bagian dari hidupnya, namun hanya sebagian orang yang mengetahui tentang kehadiran Kopi didalam kehidupannya.

Kopi memang merupakan salah satu sumber daya alam yang punya segudang fakta unik yang masih menjadi perbincangan yang menarik dan semakin memiliki banyak peminatnya. Fakta fakta tersebut meliputi kandungan gizi kopi, manfaat kopi, efek non medis kopi bagi para penggemarnya, bahkan hingga membicarakan tempat jual kopi yang enak dan mantap.

Ternyata selain sebagai minuman yang nikmat, kopi juga memiliki filosofi kopi yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Salah satunya bagi para penggemar kopi, mereka menganggap bahwa kopi adalah salah satu bagian dari gaya hidup. Bahkan dari cara minum kopi bisa menilai status soail dan kepribadiannya, wow menarik sekali kan kopi ini. Yuk kita ulik bersama tentang fakta unik dibalik nikmatnya secangkir kopi. Berikut adalah 7 fakta unik seputar kopi yang tidak pernah habis diperdebatkan dari kutipan www.infokopi.com

Unik, Kopi ditemukan oleh kambing, bukan oleh manusia. Menurut legenda penemuan kopi, penggembala dari Ethiopia mendadak dibuat takjub oleh segerombolan kambing, dimana kambing itu tiba – tiba menjadi lebih gesit dan agresif setelah makan biji-bijian yang setelah ditelusuri ternyata adalah biji kopi. Meski tidak bisa dibuktikkan kebenarannya tapi bisa diambil kesimpulan bahwa terdapat zat tertentu dalam biji kopi yang bisa membuat tubuh menjadi lebih agresif.

Awalnya Kopi Untuk Dimakan Bukan Diminum. Awal diketemukan kopi, sekelompok suku pedalaman Afrika, justru mengkonsumsi biji kopi ini sebagai makanan ringan. Mereka menganggap dengan makan biji kopi membuat tubuhnya menjadi lebih bersemangat.

Kopi Adalah Barang Paling Populer di dunia. Tahukan anda, bahwa minuman yang diberi tambahan kopi menjadi minuman paling populer kedua di dunia setelah air putih biasa. Fakta dibuktikkan, Menurut penelitian, terdapat hampir 1,4 milyar gelas kopi habis dalam satu hari yang diminum manusia di dunia. Oleh sebab itulah, kopi menjadi salah satu barang yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Mitos atau Fakta, Minum Kopi Harus Di Pagi Hari? Minum kopi harus dipagi hari sebenarnya adalah sebuah Mitos (tidak benar). Namun karena sudah menyebar luas di masyarakat yang mana hal ini merupakan tradisi maka mereka pun menganggapnya seperti itu. Fakta yang ditemukan, bahwa minum kopi di pagi hari bisa membuat tubuh lebih berkonsentrasi dan menjadi lebih semangat dan penuh konsentrasi. Tapi benar tidaknya, bisa kalian sendiri yang menyimpulkan

Kopi Mengandung Sumber Vitamin Dan Antioksidan Yang Langsung Terasa Khasiatnya. Mungkin bagi sebagian orang yang belum mengetahui banyak tentang fakta kopi, menganggap kopi memiliki zat kafein yang bjika diminum secara terus menerus akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun menurut penelitian, dalam kopi ternyata mengandung beberapa kandungan gizi diantaranya Potassium, Magnesium, Niacin, Mangan, Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B5 (asam pantetonat) serta mengandung zat antioksidan. Kandungan gizi vitamin dan antioksidan didalam kopi ini memang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia.

Khasiat dari pada kandungan gizinya ini akan dapat langsung terasa khasiatnya setelah 5-10 menit. Untuk itu, kita tidak perlu menjadwal kapan kita harus minum kopi, karena hanya beberapa saat setelah minum, khasiat kopi akan langsung terasa. Salah satu khasiat kopi yaitu bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 10%, sehingga kopi sangat baik dikonsumsi oleh orang yang malas berolahraga.

Itulah beberapa ulasan mengenai fakta unik dibalik kenikmatan secangkir kopi. Nah, tak kalah uniknya sebuah perbincangan di warung kopi santai yang sering diperdebatkan oleh kalangan pecandu kopi.

Photo Ilustrasi Peracik Kopi

  1. Kafein Bisa Membunuh Anda

Meski sudah diketahui kelebihannya, kopi bisa mematikan. Tapi Anda harus minum 80 sampai 100 cangkir dengan tergesa-gesa, kata pakar kesehatan. Kami menyarankan untuk tidak mencoba. Pada bulan September 2015, FDA memperingatkan bahaya bubuk kafein, produk potensial yang baru saja mulai populer.

  1. Kopi Bisa Bagus untuk Anda

Sebagian besar penelitian terpisah pada tahun 2014, 2015 dan 2016 menemukan kopi baik untuk hati Anda, dapat menurunkan risiko serangan jantung, dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan, seperti dilaporkan dalam jurnal Circulation, satu sampai lima cangkir sehari biasanya Kurangi resiko kematian dini. Sebuah studi yang dirilis pada bulan Maret 2016 menemukan kopi dikaitkan dengan penurunan risiko multiple sclerosis (MS).

  1. Kafein Bisa Meningkatkan Sex

Ini bekerja pada tikus pula. Namun periset mengatakan pada manusia, kopi bisa meningkatkan pengalaman seksual hanya di kalangan orang yang bukan pengguna biasa.

  1. Kafein Bisa Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Dosis kafein dosis sedang – setara dengan dua cangkir kopi – dapat mengurangi nyeri otot pasca-gym, sebuah penelitian kecil ditemukan. Tapi penelitian dilakukan pada orang yang bukan peminum kopi biasa. Sebuah studi di tahun 2012 menemukan mereka yang minum kopi sebelum duduk untuk bekerja di depan komputer memiliki sedikit rasa sakit pada leher dan bahu. Tidak ada penelitian yang cukup, dalam penelitian yang cukup besar, untuk menarik kesimpulan tegas tentang kemungkinan ini.

  1. Kafein Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Pakar kesehatan menyarankan agar menghindari kopi selama 6 jam sebelum tidur, karena efek kafein bisa berlangsung berjam-jam. Sebuah studi tahun 2015 menemukan kafein dapat membingungkan jam internal tubuh Anda, membingungkan sinyal yang memberitahu Anda kapan harus tidur. Pekerja shift malam mungkin menemukan kopi selama jam kerja mengganggu tidur siang hari mereka, studi lain menemukan.

  1. Manfaat kopi

Selama bertahun-tahun, penggemar kebugaran khawatir kopi akan membuat mereka kena dehidrasi. Namun, tinjauan baru-baru ini terhadap 10 penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi kafein selama 550 mg per hari (atau sekitar lima cangkir 8 oz) tidak menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit cairan pada atlet atau penggemar kebugaran.

Dalam tinjauan lain, para peneliti menyimpulkan bahwa mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebagai bagian dari gaya hidup normal tidak menyebabkan kerugian cairan melebihi volume cairan yang dikonsumsi (asupan dan keluaran kira-kira sama), juga tidak dikaitkan dengan status hidrasi yang buruk. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*