Setda Jonpriadi, Generasi Muda Agar Terlibat Langsung Dalam Penyelenggaraan Jenazah

Setdakab Padangpariaman Jonpriadi saat memberikan sambutan pada acara pelatihan penyelenggara Jenazah (foto/humas)

Setdakab Padangpariaman Jonpriadi saat memberikan sambutan pada acara pelatihan penyelenggara Jenazah (foto/humas)

Paritmalintang,PADANG-TODAY.COM__ Pelaksanaan fardu kifayah tersebut teramat penting. Sebab, merupakan suatu
pengetahuan yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam mengurus jenazah kata Jonpriadi pada saat membuka secara resmi Pelatihan Penyelengaraan Jenazah bagi pelajar SMA/SMK, dan Pesantren se Kabupaten Padangpariaman, Rabu 18-05-2016 di Hall Dinsosnaker Pemkab Padangpariaman.

“Saya perhatikan selama ini, yang menjadi penyelenggara Jenazah adalah orang orang yang sudah tua dan berusia lanjut. Oleh karena itu Saya berharap kepada Ananda Semua sebagai generasi muda agar terlibat langsung dalam penyelenggaraan Janazah ini, apalagi yang meninggal adalah karib kerabat kita,” ungkap Jonpriadi.

Jon priadi menyampaikan Apreasi kepada peserta yang telah bersedia dan mau melibatkan diri dalam pelatiham penyelenggaraan jenazah ini. Katanya, Menjadi penyelenggara jenazah merupakan pekerjaan yang sangat mulia, kenapa tidak, mereka merupakan pelaksana dari pada fardhu kifayah Umat Islam terhadap orang yang meninggal, jelasnya.

Ia menambahkan, Mulai dari tata cara memandikan jenazah, tatacara mengafankan jenazah, syarat-syarat shalat jenazah, rukun shalat jenazah dan juga tata cara pemakaman atau penguburan jenazah. Jadi artinya, pekerjaan tersebut sangat mulia, jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, sulit ditemui pada masyarakat terutama bagi generasi muda, yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan jenazah, mereka banyak yang tidak mau tahu tentang ilmu-ilmu agama karena mungkin disebakan imbas dari pengaruh era globalisasi, terang Jonpriadi.

“Pelaksanaan fardu kifayah tersebut teramat penting. Sebab, itu merupakan suatu pengetahuan yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam mengurus jenazah kata Jonpriadi ” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Panitia Pelaksana Elda husniwar dalam laporannya menyampaikan. Kegiatan ini diikuti Sebanyak 116 orang peserta terdiri dari seluruh Tingkatan SMA/SMK dan Pondok pesantren se Kabupaten Padang Pariaman dan diselenggarakan Selama 2 hari berlangsung.

Dia berharap melalui palatihan penyelenggaraan jenazah tingkat SMA/SMK dan pondok pesantren ini akan lahir kader penyelenggara syari’ah yang Handal dalam mewujudkan masyarakat yang relegius di Padang Pariaman. Pelatihan ini mengahdirkan Nara Sumber dari Ketua MUI Padang Pariaman DR. Zainal Tk. Mudo, dan M. Rais TK. Labai Nan Basa dari Pondok Pesantren Ringan Ringan Pakandangan.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*