Setelah Turun ke Lapangan, Komisi B DPRD Janji Benahi Pasar Ternak

Ketua komisi B DPRD Chandra Setipon bersama rombongan dan Dinas pertenakan meninjau lokasi pasar ternak.

Ketua komisi B DPRD Chandra Setipon bersama rombongan dan Dinas pertenakan meninjau lokasi pasar ternak.

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Selama ini arahan baku dari Pekanbaru terhadap dinas Perikanan 157 jua, untuk masyarakat kota Payakumhuh memang belum memadai. Contohnya, packing 30 kg, retribusi dan sebagainya.

Hal tersebut dikatakan Asung (35) salah seorang penjemuran di pasar ternak kota Payakumbuh di kelurahan Payobasung, Payakumbuh Timur, kepada rombongan komisi B DPRD Kota Payakumbuh bersama dinas Pertenakan dan dinas Pertanian, Mingu (23/11).

Dikatakannya, sudah lama kami mencari nafkah disini yang terjual tidak seberapa, kalau bisa setiap sapi masuk di areal pasar ternak ini dapat memberi retribusi kepada masyarakat, buntutnya juga kepada kami yang berjualan disini, ujarnya.

“Rintihan Asung dan masyarakat Kota Payakumbuh akan kami sikapi, makanya kami sengaja turun lapangan. Janji komisi B DPRD kota Payakumbuh melakukan kunjungan lapangan ini, akan kami buktikan ke tengah masyarakat, “ujar ketua Komisi B DPRD Chandra Setipon.

Pasar ternak yang diramaikan dari berbagai daerah ini, kedepan akan kami rekemendasi ke dinas Pertenakan dan dinas Pertanian, supaya keberadaan pasar ternak yang dikelola pihak Propinsi, PADnya menjadi milik semua masyarakat.

Sekarang anggota dewan, khusus komisi B telah meninjau secara kasat mata lokasi pasar ternak Payakumbuh, benar apa yang dikatakan masyarakat kepada dinas terkait.

“Besar harapan kita kepada dinas terkait, membuat laporannya lagi, agar DPRD tidak gamang memproses program dan kegiatan dinas terkait yang dilengkapi dengan gambar dan foto vidionya, “harap komisi B.

Dalam kesempatan itu, kepala dinas Pertenakan Depi Sastra didampingi kepala UPT Syafrizal, serta Kabid pegolahan hasil dinas Pertanian Hendri efrizal menyebtukan, dengan adanya kunjungalan lapangan anggota dewan ini merupakan langkah yang tepat bagi masyarakat.

“Semoga apa yang kita programkan untuk masyarakat luas ini kedepannya tidak sis-sia. Sebab, semua program yang dibuat setiap dinas dan kantor tentunya bermuara untuk rakyat, “ujarnya.

Nada yang sama juga dilontarkan salah seorang peternak sukses asal kota Payakumbuh H. Ahmad Syofian (49), agar kunjungan anggota dewan dapat menyerap aspirasi peternak dan petani. Kini, kami tidak perlu bersuara lagi, karena anggota dewan sudah turun kelapangan melihat bukti nyata.

Meskipun demikian, kami juga berharap agar setiap pembangunan dapat melibat kami, tujuannya, tentu agar semua pihak puas dengan yang telah dibangun. Kendala konsumen ternak sebetulnya tidak begitu rumit, hanya karena tempat agak sempit.

“Secara pribadi dan secara berkawan-kawan, kami mendorong pemerintahan. Yang berlalu biar berlalu tidak perlu dipersoalkan lagi, kedepan kita harapkan lagi, pasar ternak yang sudah bagus ini kita pertahankan dan kita tingkatkan,”harapnya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*