Shalat Id, Rumah Zal Dilalap Api

Ilustrasi Kebakaran

Ilustrasi Kebakaran

Sarilamak, PADANGTODAY.com – Tengah kusuk melaksanakan ibadah Shalat Ied berjamaah, rumah kayu milik Zal Chaniago (53) habis terbakar. Api tiada ampun meludeskan rumah kayu milik Zal yang sedang tak berpenghuni, Senin (28/7) sekitar 8.15 WIB pagi.

Pemilik rumah yang berprofesi sebagai kuli di Pasar Sarilamak hanya bisa tercenung menyaksikan tempat istirahatnya yang tepat berada di belakang pasar itu rata dengan tanah.

Rumah kayu Zal di Jorong Sarilamak, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau itu memang terbuat dari kayu yang disukai api. Api merambat begitu cepat, menghabiskan bangunan tidak permanen itu.

Selain terlambat memperoleh informasi, petugas Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh mengakui bahwa 2 unit pemadam yang dikirim sulit untuk menjinakkan api sedari dini. Maka, saat puncak kebakaran terjadi, dibantu adanya kolam air (tabek) di depan rumah, maka alat penyemprot air bekerja mendinginkan selama 15 menit.

Di saat kebakaran mulai terjadi banyak warga yang sudah berada di Bukik Limau, Komplek Kantor Bupati Limapuluh Kota guna melaksanakan Shalat Idul Fitri berjamaah. Kekhidmatan warga sedari pagi, juga ditambah terlambatnya telepon masuk tentang kebakaran ini, mengakibatkan petugas Damkar telat untuk datang.

Masih untung tidak ada korban jiwa di kebakaran itu. Api berhasil didinginkan petugas selama 15 menit lamanya. Sisa-sisa kebakaran sangat jelas terlihat. Kayu sudah jadi arang. Lebaran terpaksa menjadi derita bagi Zal dan keluarganya.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*