Shen Jieliang Miliarder Baru China

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Status China menjadi pasar mobil terbesar di dunia membawa berkah bagi warganya. Salah satunya adalah Shen Jieliang yang ikut menikmati bisnis otomotif yang sangat pesat di Tiongkok lewat perusahaan interior mobil miliknya.

Pemilik sekaligus chairman Jiangsu Kuangda Automobile Textile Group Co. ini pun masuk jajaran orang paling kaya di muka Bumi ini versi Bloomberg Billionaires Index.

Jieliang masuk dalam daftar miliarder dunia pasca harga saham Jiangsu Kuangda mencatatkan rekor tertinggi, di level 44,80 yuan, atau setara 7,22 dollar AS per saham pada penutupan bursa saham China, Kamis (9/4/2015) lalu. Menurut Bloomberg, sehari kemudian, Jumat (10/4/2015), saham Jiangsu Kuangda mencatat rekor baru, setelah harganya naik 3 persen.

Alhasil, Jieliang yang merupakan pemilik 53 persen saham Jiangsu Kuangda langsung bergelar miliarder lantaran pundi-pundi kekayaannya sekarang mencapai 1 miliar dollar AS.

Orang China yang juga masuk Bloomberg Billionaires Index: Wang Jianjun, chairman Great Wall, dengan harta 9,8 miliar dollar AS, dan Lu Guanqiu, pemilik Wanxiang Group, 6,5 miliar dollar AS.

Catatan saja, Jiangsu Kuangda adalah produsen interior kendaraan bermotor yang bermarkas di bermarkas di Changzahou. Perusahaan ini banyak terlibat dalam banyak penelitian, pengembangan, manufaktur, serta distribusi produk interior mobil. Produk utamanya adalah bahan-bahan kain pelapis kursi, pintu, dan sandaran kepala kursi mobil. Jiangsu Kuangda mulai dipimpin oleh Jieliang tahun 1993 silam.

Jieliang yang kini berusia 62 tahun masih mampu memimpin perusahaannya dengan baik. Tercatat, akhir tahun 2014 lalu, Jieliang sanggup menggenjot pendapatan Jiangsu Kuangda sebesar 22,4 persen menjadi 1,7 miliar yuan atau sekitar 281,3 juta dollar AS.

Jiangsu Kuangda sendiri berawal dari sebuah perusahaan manufaktur yang sudah ada sejak tahun 1988 di Provinsi Jiangsu. Tapi, pasca restrukturisasi tahun 1993, Jieliang mengambil alih tampuk pimpinan Jiangsu Kuangda. Perusahaan ini juga merupakan pemasok bagi raksasa otomotif asal Amerika Serikat (AS), General Motor Corporation (GM).

Jiangsu Kuangda memiliki sejumlah anak perusahaan yang berkantor di China dan beberapa negara lain, seperti di AS, Jerman, Australia, dan Jepang. Dan, 11 Februari 2015 lalu, Jiangsu Kuangda melepas salah saty anak usahanya yang bernama Jiangsu Kuangda Electric Power Investment Co. Ltd. kepada Hareon Solar Technology Co. Ltd. Nilai transaksinya senilai 960 juta yuan.

(Yudho Winarto/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*