Sholat Idul Adha di Halaman Balaikota Pariaman Dibanjiri Ribuan Jamaah

Pariaman, PADANGTODAY.com-Pelaksanaan Sholat Idul Adha di halaman Balaikota Pariaman dihadiri ribuan masyarakat muslim Kota Pariaman dan sekitarnya, serta para pemudik yang pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarganya. Pada pelaksanaan sholat ied 1436 H ini, berlaku sebagai imam ustadz Zubir, S.Pd dan Khatib Buya H. Mas’ud Abidin. Hadir dalam pelaksanaan sholat ied Walikota Pariaman Mukhlis Rahman beserta keluarga, Wakil Gubernur Sumbar non aktif dan Cagub Muslim Kasim beserta istri, Anggota DPR RI Refrizal, Ketua DPRD Mardison Mahyudin dan keluarga, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Zalman Zaunit, Kepala SKPD, Ninik mamak serta ribuan masyarakat yang hadir.

Advertisements

Dalam sambutannya Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan peristiwa qurban yang setiap tahun dirayakan umat muslim di seluruh penjuru dunia, seharusnya tak lagi dimaknai sebagai proses ritual saja, tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kesabaran dan spirit kemanusiaan. Dan kepada jamaah haji yang ada di mekah agar diberi kekuatan dalam menghadapi musibah yang menimpa mereka, dan tabah menghadapinnya, tukasnya.

Khatib Shoalt idul adha Buya H. Mas’ud Abidin mengatakan dalam ceramahnya bahwa masyarakat muslim perlu untuk saling menghargai umat muslim lainnya, serta dapat menjaga perdamaian yang telah tercipta selama ini. Kita perlu mengambil hikmah dari peristiwa Nabi Ibrahim AS yang menjalankan perintah Allah SWT dengan teguh untuk menyembelih anak kesayanganya Ismail AS. Dengan apa yang kita rasakan di zaman sekarang ini hendaknya kita selalu bersyukur, dan dapat menjalankan perintah Allah SWT dengan ikhlas dan hanya untuk mendapat ridho darinnya, ucapnya.

Sebelumnya di malam Takbiran, Pemko Pariaman tidak mengadakan konvoi keliling melainkan menggelar acara kegiatan takbir di halaman Kantor Balaikota Pariaman dan kemudian diteruskan dengan ceramah agama. Dengan ditiadakannya kegiatan takbir keliling kota menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat, maka akan lebih memaknai hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban ini. Apalagi, saat ini ada 68 orang jemaah haji asal Kota Pariaman yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. Untuk itu, dengan tabligh akbar malam ini, juga bertujuan untuk mendoakan agar seluruh jemaah haji asal Kota Tabuik kita Pariaman, selalu sehat dan selamat dalam menjalankan rukun ibadah haji sampai pulang ke tanah air nantinya, ujar walikota.

”Mudah-mudahan perayaan Idul Adha kali ini, mampu menggugah kita untuk terus bersemangat, rela berkorban demi kepentingan agama, bangsa dan negara ”, tutup Mukhlis Rahman.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*