Siaga Bencana, BPBD pariaman Lakukan Kegiatan Pendidikan dan Latihan TRC

Peserta diklat TRC BPBD Kota pariaman.

Peserta diklat TRC BPBD Kota pariaman.

Advertisements

Pariaman, PADANGTODAY.com-Kondisi Geografis Kota Pariaman yang rawan bencana terutama bencana banjir, gempa dan tsunami, berkembangnya isu kebencanaan yang menyatakan bahwa kabupaten dan kota yang berada di pesisir pantai Sumatera Barat, sangat berpotensi dengan bencana gempa dan tsunami, serta semakin tingginya minat wisatawan yang berkunjung ke Pariaman khususnya di kawasan pantai dan pulau-pulau di Kota Pariaman mendorong BPBD mengadakan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC), Senin (18/5/2015).

Pada upacara pembukaan diklat, Inspektur upacara dipimpin oleh Langsung oleh Kepala BPBD Kota Pariaman Yaminurizal. Beliau mengatakan bahwa sesuai dengan Renstra 2013-2018 bahwa potensi wisata Kota Pariaman semakin lama semakin menggeliat, tugas yang menanti bagi BPBD juga semakin berat, karena keselamatan pengunjung adalah hal yang utama. Diharapkan nantinya peserta diklat yag telah mengikuti pelatihan ini dapat menjadi lebih mempererat kebersamaan, meningkatkan kedisipilinan dan semakin meningkatkan kemampuan dalam penyelamatan jiwa manusia.

Dalam sambutannya Yaminurizal juga menyatakan bahwa Mendukung visi kota Pariaman menjadikan Kota Pariaman sebagai tujuan wisata dan ekonomi yang kreatif berbasis lingkungan, budaya dan agama, maka diharapkan anggota Tim TRC BPBD Kota Pariaman tidak hanya tanggap ketika bencana terjadi, tetapi telah siap ketika bencana belum terjadi.

Pendidikan dan pelatihan ini diikuti oleh 35 (tiga puluh lima) orang relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Pariaman dan 5 (lima) orang relawan Kelompok Siaga Bencana (KSB) BPBD Kota Pariaman. Pelaksanaan Kegiatan ini dilakukan selama 5 (lima) hari sejak tanggal 18 mei – 22 Mei 2015, di Desa Kampung Apar Kecamatan Pariaman Selatan. Sedangkan untuk Narasumber kegiatan ini terdiri dari, Kantor SAR Padang, Kodim 0308 Pariaman, Dinas Kesehatan Kota Pariaman, RAPI Kota Pariaman dan BPBD Kota Pariaman. (N/J)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*