Sigap Bekerja, Pemko dan DPRD Payakumbuh Sahkan 9 Ranperda, Pendukung Otonomi Daerah

Pengambilan Keputusan DPRD Payakumbuh, Disetujuinya 9 Ranperda

Pengambilan Keputusan DPRD Payakumbuh, Disetujuinya 9 Ranperda

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Sabtu (10/11/12) DPRD Kota Payakumbuh dan pemerintah Kota Payakumbuh menyetujui sembilan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Perda dalam sidang paripurna di kantor DPRD setempat. Selanjutnya sembilan Ranperda yang disetujui itu akan diantar ke Gubernur Sumbar guna dijadikan Lembaran Daerah setelah dievaluasi.

Plt Wali Kota Payakumbuh, Priadi Syukur mengatakan dari sembilan ranperda yang disahkan menjadi perda itu, tiga diantaranya adalah perda hak usul atau inisiatif dewan. Kesembilan perda yang disahkan itu diantaranya tentang penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga, retribusi jasa usaha yang merupakan perubahan kedua atas Perda Nomor 20 Tahun 2011, dan retribusi pengujian kendaraan bermotor yang jadi perubahan dari Perda Nomor 7 Tahun 2010.

Lalu, Ranperda tentang pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan rabies, Pembentukan Kelurahan Tanah Mati, terakhir mengenai Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Payakumbuh tahun 2016 hingga 2036.

“Sementara perda hak usul atau inisiatif dewan itu, tentang Ppelestarian dan pengembangan adat di nagari (desa adat), Lembaga kemasyarakatan di kelurahan, dan Pedoman pemberian nama jalan serta fasilitas umum di kota tersebut. Sembilan Ranperda ini dapat membantu pemerintah kota dalam melaksanakan otonomi daerah, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, serta memperoleh kepastian hukum untuk setiap program yang akan dilaksanakan,” kata Priadi Syukur.

Membacakan pendapat DPRD, Hendri Wanto Dt Mangkuto Marajo Nan Hitam mengatakan, bahwa mekanisme pembahasan Ranperda telah sesuai dengan Pasal 128 Peraturan DPRD Payakumbuh Nomor 01 Tahun 2014 tentang Tata Tertib DPRD, dimana dalam membahas Ranperda harus melalui dua tingkatan pembicaraan.

“Khusus Ranperda hak usul atau inisiatif dewan merupakan kali pertama semenjak lahirnya Pemerintah Kota dan DPRD Payakumbuh,” kata Hendri Wanto.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*