Skuad Regu Putra dan Putri Indonesia Memiliki Kisah Berbeda Dalam Melakoni Laga Semifinal Turnamen The 1st ISSF Tennis Championhip

Aditya Hari Sasongko

Aditya Hari Sasongko

Advertisements

Palembang, PADANGTODAY.COM-Kendati berhasil melaju ke babak akhir, skuad beregu putra dan putri Indonesia memiliki kisah berbeda dalam melakoni laga semifinal turnamen The 1st ISSF Tennis Championhip, yang berlangsung pada Senin (11/5/2015). Tim putri tuan rumah tampil sangat garang ketika melumat Suriah pada babak empat besar di atas permukaan plexypave Stadion Tenis Bukit Asam, Jakabaring Sport City Palembang.
Turun pada partai pembuka, Ayu Fani Damayanti tak memberi kesempatan lawannya mengembangkan permainan. Ayu Fani terlalu perkasa bagi wakil Suriah, Aya Khalaf. Petenis yang baru kembali tampil setelah lebih dari setahun mundur dari arena pertandingan itu menang dengan skor telak, 6-1 6-1.

Tunggal utama tuan rumah, Lavinia Tananta, yang tampil pada laga kedua terlihat sangat dominan atas Eissa Maria. Penghuni peringkat dunia WTA 797 yang karib disapa Vivin itu menang sangat meyakinkan, 6-0 6-0. Indonesia pun unggul atas Syria 2-0 sehingga partai ketiga berupa nomor ganda tidak perlu dimainkan.

Tim putri Merah Putih akan menantang unggulan teratas, Oman, pada final yang berlangsung Selasa (12/5/2015). Di semifinal, Oman yang dimotori Fatma Al Nabhani (WTA 452) sukses menyingkirkan Malaysia 2-1. “Oman kuat di tunggal pertama, namun kesempatan besar untuk dapat mengambil angka dari tunggal kedua dan ganda,“ tutur Ayu Fani Damayanti.

Meski tidak diunggulkan, Lavinia Tananta justru tertantang untuk mampu menundukkan andalan Oman, Fatma Al Nabhani.“Sudah empat kali saya melawan Fatma, skor pertemuan 2-2. Di turnamen ITF Women Circuit, saya sekali menang dan sekali kalah. Di Islamic Solidarity Games Palembang 2013, saya menang di nomor beregu, tapi kalah di nomor perorangan. Sekarang saatnya menang lagi,” tekad Vivin.

Regu putra Indonesia sebenarnya menjanjikan kisah serupa dengan tim putri. Tunggal kedua Aditya Hari Sasongko yang tampil membuka perlawanan dengan Suriah berhasil membukukan kemenangan telak. Penghuni peringkat ATP 1.440 itu membungkam Yacoub Makzoume 6-0 6-0.

Namun, David Agung Susanto yang dipasang sebagai ujung tombak bermain tak sesuai harapan. Peringkat ATP 1.058 itu mencatat terlalu banyak unforced error dan dalam tempo singkat kalah di set pembuka, 1-6. Keadaan sedikit membaik di set kedua, hingga bisa bertahan skor sama kuat 6-6. Lagi-lagi David membuang kesempatan meraih kemenangan kendati telah unggul 6-3 saat tie break. Wakil Suriah, Amer Naow, yang tak memiliki peringkat dunia itu pun menyudahi harapan tuan rumah, 10-8.

Pada partai ketiga, pasangan Aditya Hari Sasongko dan Sunu Wahyu Trijati juga harus susah payah untuk menggapai kemenangan atas duet Yacoub Makzoume dan Amer Naow. Adit/Sunu mengambil set pertama 6-4, tetapi ganda Suriah mampu memenangi set kedua, 7-6(5). Untungnya, pasangan tuan rumah berhasil mengambil set ketiga yang menggunakan sistemsuper tie break 10-8.

Meski sempat tegang, pelatih tim putra Merah Putih, Roy J Therik, tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. “Ya ini ujian yang baik untuk menjaga kekompakan tim. Semoga ini menjadi bekal yang baik ketika berlaga di SEA Games 2015 di Singapura bulan depan,” tutur Roy.

Pada babak final, Roy mengisyaratkan bakal memainkan kembali petenis putra terbaik Indonesia saat ini, Christopher Rungkat, didampingi Aditya Hari Sasongko di laga pamungkas. Regu tuan rumah akan meladeni perlawanan negeri jiran Malaysia yang di semifinal mengandaskan Kamboja 2-0. “Saya siap menyumbangkan angka lagi untuk pembuka kemenangan Indonesia,” tekad Aditya.

Selain mementaskan final nomor beregu, turnamen yang menyediakan hadiah total 65.000 dollar AS atau sekitar Rp 845 juta ini, pada Selasa (12/5/2015) juga akan memulai pertandingan perorangan. Christopher Rungkat (ATP 460) menempati unggulan teratas diikuti kompatriotnya, Aditya Hari Sasongko (1.440), sebagai unggulan kedua tunggal putra.

 

(ts/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*