SMA 1 Harau Juga Gunakan Kamera CCTV Pantau Ujian Nasional, Wakil Bupati Asyirwan: Menjawab Soal Jangan Terburu-Buru

Wakil Bupati Lima Puluh Kota Drs. H. Asyirwan Yunus, M.Si Saat Meninjau Siswa SMA N 1 Kecamatan Harau Melaksanakan Ujian Nasional

Wakil Bupati Lima Puluh Kota Drs. H. Asyirwan Yunus, M.Si Saat Meninjau Siswa SMA N 1 Kecamatan Harau Melaksanakan Ujian Nasional

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com–Hari pertama Ujian Nasional tingkat SLTA digelar, Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota Radimas SPd meninjau pelaksanaan UN berlangsung. Adalah SMA N 1 Kecamatan Harau mendapat kunjungan tersebut,” Senin (13/4).

Pada kesempatan itu, Wabup mengapresiasi kreatifitas guru SMA setempat, lantaran sudah melaksanakan UN secara baik. Karena di setiap lokal tempat siswa ujian sudah dipasang kamera CCTV. Jadi saya rasa kecil kemungkinan bagi anak untuk melakukan kecurangan dalam ujian. Pada proses ujian berlangsung setiap aktifitas yang dilaksanakan siswa terlihat di kamera CCTV ini,” kata Wabup yang mantan guru Matematika ini.

Ide seperti ini lah hendaknya juga diterapkan oleh sekolah lain yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota demi mensukseskan UN. Karena peserta didik ini merupakan generasi penserus kita dimasa akan datang,” jelas Wabup.

Pada kesempatan itu Wabup juga menyampaikan kepada peserta UN dalam menjawab soal ujian jangan tergesa-gesa dan dahulukan menjawab soal yang kita anggap mudah. Karena kalau kita terburu-buru menjawab yang nantinya dirasa mudah malah menjadi salah jawabannya. Sukses melaksanakan ujian belum tentu sukses di tempat kuliah ataupun pekerjaan. Kita tahu betapa sulitnya untuk masuk kuliah keperguruan tinggi dan mencari lapangan pekerjaan. Maka itu lah kepada anak didik dituntut lebih kreatif lagi,”kata Wabup.

Mudah-mudahan pada UN kali ini siswa kelas XII SMA 1 N Kecamatan Harau ini bisa lulus 100 persen dengan nilai yang tinggi. Karena kalau nilai kita tinggi besar harapan untuk diterima pada perguruan tinggi,” imbuh Wabup.

Sementara itu Radimas juga menyatakan hal senada dengan Wabup. Mudah-mudahan dengan dipakainya kamera CCTV di ruang ujian kita bisa memantau aktifitas siswa kalau bisa kamera CCTV ini juga di pakai dalam proses belajar Karena apapun aktifitas bisa terlihat dari ruang majelis guru,” kata Radimas.

Drs. Afrizal selaku kepala sekolah melaporkan kalau jumlah peserta yang tengah mengikuti ujian sekarang berjumlah 275 orang yang terdiri dari jurusan Bahasa 16 orang, IPA 92 orang dan IPS 167 orang. Adapun ujian pada hari pertama ini adalah Bahasa Indonesia dan sastra indonesia untuk jurasan bahasa, Bahasa indonesia dan Kimia untuk jurusan IPA serta bahasa indonesia dan geografi untuk jurusan IPS. Sedangkan lama pelaksanaan ujian dimulai pada hari Senin sampai Rabu dengan jumlah pengawas 31 orang guru yang mengajar di luar dari SMA N 1 Harau,”lapor Afrizal. Pada akhir kunjungan Wabup menyempatkan diri untuk meninjau pelaksanaan ujian di Sekolah tersebut.(mnc)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*