SMAN 1 Guguak Perpisahan, Alis Marajo: Tidak Ada Alasan Tidak Sekolah

  TeksPerpisahan SMAN 1 Guguak dimeriahkan dengan tarian Minangkabau.

TeksPerpisahan SMAN 1 Guguak dimeriahkan dengan tarian Minangkabau.

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo mengungkapkan, miskin bukan alasan untuk tidak sekolah. Sebab saat ini tidak sedikit program beasiswa yang memberikan kesempatan siswa dari keluarga miskin untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat lebih tinggi.

“Tidak ada alasan lagi anak miskin putus sekolah atau tidak kuliah. Faktanya, anak si penjual paniaram yang miskin sekalipun bisa kuliah S2 hingga ke luar negeri dan menjadi dosen pada perguruan tinggi ternama,” ujar Bupati dalam sambutannya pada acara perpisahan siswa di SMAN 1 Guguak, Sabtu (18/4).

Karenanya, lanjut Bupati, para orang tua siswa jangan lagi menceritakan kemiskinan dan memberikan kabar pertakut kepada anak. Sebaliknya harus senantiasa memberikan motivasi dan kabar gembira bahwa orang miskin juga bisa sekolah tinggi.

Dalam penyampaiannya Bupati juga meminta para siswa SMA ini untuk mampu berbahasa asing seperti Bahasa Inggris. Sebab, beasiswa ke luar negeri hanya akan diperoleh mereka yang mampu berbahasa asing. Selain itu, kemampuan bahasa tersebut juga membuka peluang bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

“Jangan sampai keinginan kita untuk sekolah ataupun bekerja ke luar negeri terganjal karena ketidakmampuan berbahasa Inggrisa,” ujar Bupati dengan berbahasa asing tersebut.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota Radimas, S.Pd dalam sambutannya juga berharap para tamatan SMAN 1 Guguak bisa melanjutkan pendidikannya ke tingkat lebih tinggi.

“Dalam era globalisasi orang luar akan banyak masuk ke Indonesia. Agar tidak menjadi kuli di negeri sendiri, kita harus sekolah lebih tinggi,” ujar Radimas yang juga alumni sekolah yang sering disebut SMA Dangung-Dangung ini.

Sementara Kepala SMAN 1 Guguak Yondri, S.Pd. M.Si dalam laporannya memaparkan siswa yang akan tamat tahun ini sebanyak 302 orang dari jumlah keseluruhan sebanyak 926 orang.

Ikut hadir dalam acara itu para alumni lainnya seperti Wakil Ketua DPRD Deni Asra, M.Si, Kepala Kesbang dan Politik Kabupaten Limapuluh Kota Alfirahmi, S.Sos yang dikenal sebagai peraih Nilai Evaluasi Murni (NEM) tertinggi tahun 1988 serta Kepala BPNPM Syahrial Amri, S.Sos. Selain itu juga tampak Camat Guguak Yuhendri, S.Sos, Muspika dan para tokoh masyarakat.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*