SMAN 1 Suliki Perpisahan, Alis Marajo: Narkoba Ancaman

Bupati Alis Marajo

Bupati Alis Marajo

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Penyalahgunaan narkoba merupakan ancaman serius dan harus diwaspadai. Sebab, barang terlarang itu bisa mengakibatkan gangguan fisik, mental dan perilaku serta menimbulkan ketergantungan,” ungkap Bupati.

Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo dalam sambutannya pada acara perpisahan kelas 12 SMAN 1 Kecamatan Suliki, kemarin mengatakan perang terhadap barang terlarang itu tak cukup hanya dengan ceramah agama, melainkan menuntut peran dan sinergitas berbagai pihak termasuk guru.

”Tak hanya dengan ceramah agama, namun para guru hendaknya ikut berperan aktif memberikan pengetahuan tentang narkoba dan bahayanya terhadap para pecandunya. Dengan adanya penjelasan tersebut diharapkan para siswa memahami bahaya narkoba itu dan takut untuk mendekati barang terlarang dimaksud,” ujar Bupati.

Selain itu, Alis Marajo berharap agar guru senantiasa mengingatkan bahaya mengisap lem seperti yang sering dilakukan anak-anak. Sebab, mengisap lem dapat mengakibatkan gangguan kecerdasan dan mengurangi usia harapan hidup.

”Mengisap lem sangat merugikan kesehatan karena lem mengandung asam lisergap yang berpengaruh terhadap batang otak yang menyebakan gangguan kecerdasan dan membuat usia harapan hidup jadi pendek. Ini harus menjadi perhatian kita semua,” terang dokter tersebut.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menegaskan, kini bukan zamannya lagi banyak bekerja dan sedikit bicara. Sebab, orang cerdas itu harus pintar berbicara dan berkomunikasi.

“Orang cerdas itu harus pintar berkomunikasi. Jangan sampai seperti kata pepatah bantuak si bisu barasian, takana lai, takatoan indak,” ingat Bupati.

Sebelumnya Kepala SMAN 1 Suliki Drs Murhas dalam penyampaiannya mengatakan sekolah ini merupakan SMA terbesar di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah siswa keseluruhan 1.018 orang dengan tenaga pengajar sebanyak 85 orang. Sejak dua tahun belakangan lulusannya paling banyak diterima di perguruan tinggi.

Karena dianggap mampu, SMA ini dipercaya melaksanakan kurikulum tahun 2013 dan menjadi percontohan kurikulum baru tersebut. Tak kalah menariknya, sekolah itu ditargetkan akan meraih akreditasi A plus.

“Kini sekolah ini terakreditasi A dan diharapkan segera mendapatkan akreditasi A plus, sehingga setara dengan sekolah favorit lainnya di Sumatera Barat,” ujar Murhas.

Acara perpisahan siswa itu ikut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Radimas, S.Pd serta anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota yang juga alumni sekolah ini Della Ermaifa dan Putra Satria Veri. Acara dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian dan bela diri dari siswa dan guru.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*