SMP 2 Sungai Tarab Wakili Tanah Datar di Ajang PKN

Batusangkar, TODAY–Sebanyak 6 orang siswa-siswi SMP Negeri 2 Sungai Tarab mewakili Kabupaten Tanah Datar pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2019 yang dilaksanakan 11 s/d 14 Oktober 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten setempat,  Riswandi di Batusangkar baru-baru ini.

Dikatakan RIswandi, PKN merupakan event besar yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dalam melestarikan budaya Indonesia.

Pada kegiatan tersebut dikatakannya, banyak dilaksanakan kegiatan yang menarik, seperti kompetisi daerah, kompetisi nasional, kompetisi pemajuan kebudayaan, eksibisi kebudayaan, pergelaran karya budaya bangsa dan banyak lainnya.

“Alhamdulillah, 6 siswa SMP N 2 Sungai Tarab itu terdiri dari 3 putera dan 3 puteri akan bergabung dengan peserta lain yang berasal dari 64 sekolah menengah pertama se-Indonesia untuk menampilkan kesenian khas daerah masing-masing dan ragam Kebudayaan Nasional Indonesia,” tutur Riswandi.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan Abrar Mukhlis, PKN merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menghargai para pelaku seni dan sekaligus menjadi strategi pemajuan kebudayaan yang disusun dari akar rumput.

“PKN di samping memberikan upaya menghargai pelaku seni mulai dari tingkat kabupaten/kota, kemudian provinsi, kegiatan kebudayaan yang telah dilaksanakan selama ini ditujukan dalam upaya pembentukan karakter anak bangsa,” kata Mukhlis.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala UPT SMP Negeri 2 Sungai Tarab, Defison menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta didik terpilih yang telah mengharumkan nama baik sekolah, orang tua murid, para guru, seniman serta pimpinan daerah melalui Disdikbud Tanah Datar.

“Alhamdulillah, semoga 6 siswa dan siswi kita mampu memberikan penampilan terbaiknya, sehingga bisa semakin mengharumkan nama sekolah dan nama Kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo,” ucap Defison mengakhiri. (Dt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas