Soal Ranperda Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Fraksi Partai Golkar: Koperasi di Daerah Kita Kurang Dikelola Baik

Afri Yunaldi Juru Bicara Fraksi Golkar

Afri Yunaldi Juru Bicara Fraksi Golkar

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Rapat Paripurna  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (15/3/2017) mendengarkan salah satunya Pandangan Umum Fraksi Partai Golkar oleh Juru Bicaranya Afri Yunaldi. Ia mengatakan bahwa Rancangan Peraturan Daerah tentang Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah sebagai salah satu badan usaha yang terdapat dalam perekonomian masyarakat kita adalah koperasi.

”Dimana bentuk dari koperasi tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan dapat berperan aktif dalam mewujudkan kepentingan bersama. Namun semakin lama koperasi di daerah kita semakin lenyap, bahkan hanya beberapa koperasi yang selaras dengan fungsi dan peran koperasi itu sendiri. Itu artinya koperasi di daerah kita kurang dikelola dengan baik,” kata Afri Yunaldi membacakan Pandangan Umum Fraksi Partai Golkar.

Fraksi Partai Golkar berpandangan pengelolaan yang baik terdapat pada kepengurusan dan keanggotaan yang cukup dengan tanggung jawabnya, sebab dari perilaku yang baik akan menimbulkan kondisi koperasi yang berdampak baik. Jadi koperasi harus segera dibenahi dan ditata agar sesuai dengan peran pentingnya bagi masyarakat.

Tak hanya sekedar memperbaiki kondisi koperasi, sebaiknya koperasi di daerah kita juga memperbaiki bentuk pemasarannya dimana bentuk pemasaran tersebut dituntut untuk menciptakan kondisi yang  seluruh aspek dalam organisasinya berkomunikasi dengan pihak luar. Koperasi pun harus tanggap terhadap perbedaan, oleh karena itu kecermatan membaca fenomena yang terjadi di sekitar, merupakan kemutlakan agar koperasi tidak tertinggal ataupun bahkan terhembus kepinggir oleh gerumuh perubahan dengan segala implikasi yang ditimbulkannya.

Dalam konteks itu kami menilai bahwa memang sangat perlu adanya regulasi yang mengatur perkoperasian di daerah kita ini. agar kedepan koperasi sebagai soko guru ekonomi bangsa mampu memberikan peningkatan bagi perekonomian masyarakat.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*