Sosialisasi Diterapkan Damkar Kota Padang Panjang

Padang Panjang, Padang-Today.com – “Semakin banyak sosialisasi yang kita lakukan maka semakin minim pula angka kebakaran yang ada di Kota Padang Panjang ini hendaknya”, ujar Kasat Satpol-PP Damkar Arkes Refagus, S. Sos melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat Syafrijon, S.Sos di ruangannya, Jum’at (19/1).Syafrijon menjelaskan sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi angka kebakaran yang ada, khususnya di Padang Panjang. Sosialisasi ini diberikan supaya saat terjadi kebakaran masyarakat tidak panik lagi.

Advertisements

“Dari api kecil tidak akan terjadi api besar”  istilah inilah yang kita terapkan kepada masyarakat saat melakukan sosialisasi”, papar Syafrijon.

Syafrijon menambahkan contohnya saja pada kebocoran tabung gas, api yang masih kecil jika ditangani dengan cepat maka tidak akan terjadi ledakan yang mengakibatkan kebakaran.

Sementara itu, Kasi Pemadam Kebakaran Jhon Eriko, S. Sos mengutarakan selama tahun 2017 sudah 100 kebakaran yang kami tangani, 25 kebakaran terjadi di Kota Padang Panjang dan 75 kebakaran terjadi di luar Kota Padang Panjang.

“Sangat disayangkan dampak yang ditimbulkan dari kebakaran diatas karena masyarakat yang kurang mengetahui dan langsung panik saat terjadi kebakaran”, tambah Jhon Eriko.

Lebih lanjut Jhon Eriko mengatakan dengan motto “cepat tanggap” Alhamdulillah pekerjaan yang dilakukan dapat terselesaikan dengan baik. Hanya saja dalam melakukan kegiatan kendala yang kami dapatkan saat terjadi kebakaran, adanya lokasi kebakaran yang memakai gapura dan adanya polisi tidur.

“Itu yang membuat kita kesulitan masuk ke lokasi kebakaran, membuat monitor pada mobil damkar mengalami kerusakan, contohnya saat kebakaran di Sigando karena adanya polisi tidur monitor mobil kami tersangkut digapura, dan membuat monitor ini rusak”, ujarnya.

Sedangkan untuk 2018 ini, Jhon Eriko menambahkan penjelasan dari Kabid Pemadam Kebakaran dan Linmas, tidak hanya sosialisasi saja yang dilakukan, tetapi ada penambahan bangker – bangker air. Bangker air ini berguna untuk cadangan air yang akan dipakai, jika terjadi kebakaran di daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan damkar.

“Untuk saat ini kita sudah memiliki empat bangker air yang terletak di Kelurahan Ganting, Kampung Manggis, Tanah Hitam dan Gang Kita”, pungkas Jhon Eriko.

Jhon Eriko berharap adanya masyarakat yang mau mewakafkan tanah nya ke pemerintahan guna menambah pembuatan bangker air yang lebih banyak lagi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*