STAIN Batusangkar Terima Mahasiswa Baru

Logo STAIN Batusangkar.

Logo STAIN Batusangkar.

Advertisements

Tanah Datar,PADANGTODAY.com-STAIN Batusangkar pada tahun akademik 2015/2016, akan menerima mahasiswa baru sebanyak 1.525 orang. Melalui tiga jalur seleksi yakni jalur seleksi prestasi akademik nasional perguruan tinggi keagamaan islam negeri (SPAN-PTKIN), jalur ujian masuk PTKIN (UM-PTKIN) dan Jalur Mandiri.

Dikatakan ketua panitia penerimaan calon mahasiswa 2015/2016 kemaren, Nasfizar mengatakan untuk tahun ini kita STAIN Batusangkar akan terima 1.525 orang calon mahasiswa. Dilaksanakan secara nasional yakni SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN sedangkan jalur mandiri dilaksanakan oleh STAIN Batusangkar sendiri.

“Untuk jalur seleksi SPAN-PTKIN berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis serta siswa tersebut didaftarkan oleh kepala sekolah/madrasah masing-masing. Jalur seleksi UM-PTKIN melalui ujian tulis yang diadakan secara serentak dilaksanakan diseluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia,” ucap Nasfizar di ruang kerjanya.

Mengenai biaya, ia menegaskan, pada SPAN-PTKIN semua pendaftar dibebaskan dari segala biaya alias gratis. Berbeda dari SPAN-PTKIN, calon mahasiswa UM-PTKIN dikenai biaya sesuai yang telah ditentukan sedangkan seleksi mandiri biaya pendaftaran bergantung pada ketentuan tiap-tiap perguruan tinggi,” katanya.

Secara khusus, Nasfizar menegaskan, sebagian besar mahasiswa Stain Batusangkar akan diterima lewat SPAN-PTKIN. Lewat SPAN-PTKIN akan kami terima minimal 40% dari kuota keseluruhan. Sisanya, (30%) melalui UM-PTKIN dan (30%) juga lewat seleksi mandiri.

Mahasiswa sebanyak itu akan diterima di 17 program studi yang tersebar di dua Jurusan. Mahasiswa kependidikan memang lebih banyak dibanding dengan non-kependidikan. Hal ini disebabkan STAIN Batusangkar merupakan lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) yang memasok calon guru yang handal khususnya di Sumbar dan umumnya di seluruh Indonesia. Namun dari tahun ke tahun, peminat pada program studi non-kependidikan juga meningkat seiring dengan bertambahnya daya tampung pula.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*