Stres Tidak Mampu Memunculkan Uban Pada Rambut

Ilustrasi uban pada rambut

Ilustrasi uban pada rambut

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Dulu mereka yang memiliki rambut memutih hanyalah para orang tua. Sehingga dianggap sebagai sebuah kewajaran ketika rambut seseorang memutih seiring dengan pertambahan usia mereka.

Namun saat ini banyak sekali ditemukan bahwa mereka yang masih muda juga mengalami tumbuh uban atau rambut memutih. Banyak orang yang berpendapat bahwa stres menjadi faktor munculnya uban. Benarkah demikian?

Dilansir dari dailymail.co.uk, nyatanya hal tersebut tidaklah benar. Stres tidak mampu memunculkan uban di rambut Anda. Lantas hal apakah yang menjadi penumbuh uban sebenarnya?

“Saat sistem kekebalan tubuh seseorang menurun, maka melanosit di dalam rambut juga ikut menurun. Padahal melanosit berfungsi untuk menghasilkan pigmen rambut. Namun ketika sel melanosit tidak bisa berjalan dengan baik, produksi pigmen terhenti dan mengubah rambut menjadi berwarna abu-abu,” terang Rodney Sinclair, Profesor Dermatologi di Rumah Sakit Epworth dan University of Melbourne menjelaskan secara ilmiah.

“Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kaitan antara gaya hidup dengan munculnya uban. Namun faktor genetik bisa memberikan pengaruh besar dalam munculnya uban secara dini. Selain itu penyakit autoimun juga dapat membuat Anda beruban di usia muda namun kasus seperti ini jarang terjadi,” pungkasnya.

(feb/**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*