Suami Stroke, Anak-anak Terganggu Kejiwaan,Ibu Jualan Sayur Nafkahi Keluarga

Padang,padangtoday.com-‘Sosok Ibu Tangguh’, kesimpulan yang dapat diambil ketika berkunjung ke rumah Edrawati (55), di Jl. Singgalang IV No. 21 RT 005 RW 003 kel. Gunung Pangilun, kec. Padang Utara.

Advertisements

Rumah yang amat sangat sederhana, tempat ia hidup merawat suami yang tengah terbaring selama 14 tahun karena stroke, ditemani dua anak yang terganggu kejiwaannya.

“Rasanya ingin menangis melihat kondisi bu Edrawati, menjadi tulang punggung keluarga dengan penghasilan harian paling banyak hanya 30 ribu per harinya,” tutur Surveyor Dompet Dhuafa Singgalang, Dana Kurnia saat mengunjungi rumah Edrawati.

“Suami dulu karajo di Pos, samanjak kanai stroke tahun 2000, apak lah pensiun, jadi ibuk lah yang marawat apak jo anak-anak,” tutur Edrawati kepada Dana.

Tak ada keahlian yang ia miliki, hanya jualan sayur yang bisa ia lakoni. Baginya, profesi tersebut sudah cukup untuk ia bertahan hidup bersama keluarga kecilnya.

Panik melanda saat ia kehabisan modal usaha sekitar sebulan yang lalu. Bingung harus kemana. Sementara kebutuhan harian keluarga mulai menipis. Hampir sebulan beliau vakum. Sampai akhirnya memilih memberanikan diri melayangkan surat permohonan bantuan modal usaha kepada Dompet Dhuafa Singgalang, Senin (12/10) lalu.

Melalui beberapa tahapan, akhirnya bu Edrawati dapat bernafas lega. Bantuan modal usaha sebesar satu juta rupiah, dinilai sangat besar bagi beliau.

Ditemani oleh Dana, Edrawati berbelanja berbagai jenis sayuran untuk ia memulai kembal mata pencahariannya jualan sayur di Pasar Alai Padang.

Beraneka jenis sayur terang Dana pada Rabu (21/10), telah dibeli. Seperti cabe, bawang merah, bawang putih, Lobak, Sawi, Tomat, dan sayur pangsit, diharapkan dapat memulihkan kembali perekonomian Edrawati dan keluarganya.

“Abang tarimo kasih banyak alah mambantu ama ImeL Mambalian barang untuak ka galeh di juaan ka pasar Alai, dan imeL doaan semoga abang panjang umur dan banyak di beri Rezki oleh ALLAH yang maha Esa,” tutur salah satu anak Edrawati, Meltawati (32) dalam pesan singkatnya kepada Dana.

Dari donasi yang diberikan lewat dana zakat ini, Imel juga berharap, suatu hari ia bisa meraih kehidupan yang lebih baik, dan turut bisa berbagi dengan masyarakat seperti yang dilakukan Dompet Dhuafa Singgalang. Aamiin Yarabbal’alamin. (n/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*