Sudah 11 Hari Dibuka, Belum ada Bacaleg Mendaftar Ke KPU Sumbar

    Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar sudah membuka pendaftaran bakal calon legislatif DPRD sejak 4 Juli 2018, namun hingga 14 Juli 2018 belum ada mendaftar.

Advertisements

“Hingga hari ke-11 pendaftaran di buka belum ada satupun partai politik mengajukan balon legislatif ke KPU Sunbar,”kata Izwaryani Divisi Teknis KPU Sumbar.

Ia menjelaskan, dari informasi pada Minggu (14/7) ada rencana parpol yang mendaftar yakni PKS.

Namun ditunggu hingga pukul 16.00 WIB parpol tersebut tidak datang ke KPU Sumbar.

    Berdasarkan konfirmasi lanjutnya PKS batal datang karena ada kendala di Sitem Informasi Partai Politik (SIPOL). “Dari konfirmasi tersebut, PKS berencana .mengajukan bacaleg ke KPU Sumbar pada Minggu (15/7),”jelas Izwaryani.

    Ia menambahkan, KPU membuka pendaftara balon legislatif mulai 4 hingg 17 Juli 2018.

“Pendaftaran terkahir ditutup pada 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB sejauh ini tidak ada rencana memperpanjang masa pendaftaran caleg,”imbuhnya.

    Ia menyatakan, untuk KPU kabupaten/kota di Sumbar sudah ada parpol mengajukan balon legislatif.

Dari data tercatat,KPU Padangpanjang parpol yang mendaftar yakni PBB pada Jumat (13/7),KPU Kota Pariaman yakni PKS,KPU Mentawai yakni NasDem.

“Selanjutnya KPU Sawahlunto ada tiga parpol yakni  PAN, Perindo dan PPP, kemudian KPU Payakumbuh mendaftar yakni PKS,”katanya.

    Izwarnyani mengimbau parpol tidak mendaftarkan pada hari menjelang berakhirnya masa pengajuan.

Sementara itu Sekretaris DPW NasDem Sumbar, Musmaizer menyatakan NasDem Sumbar pada Senen (16/7) bakal mengajukan bacaleg ke KPU.

“Atas perintah dari DPP NasDem, direncakan pengajuan bacaleg parpol di lakukan pada 16 Juli 2018. Pengajuan bacaleg tersebut serentak seluruh Indonesia,”katanya.

Nama-nama bacaleg dari Partai NasDem sudah di input ke SIPOL. Bacaleg NasDem ada dari kader partai dan juga tokoh masyarakat yang lolos serangkaian seleksi.

    “Jumlahnya seimbang, antara kader partai dan tokoh masyarakat, partainya melaksanakan seleksi untuk menetapkan kader dan tokoh masyarakat yang layak untuk diajukan dalam Pemilu 2019,”jelas Musmaizer.

Terkait kuota 30 persen perempuan. Musmaizer menyatakan tidak ada masalah. NasDem telah memenuhi kuota 30 persen perempuan untuk bacaleg.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*