Sudirman Said, Meminta Menteri BUMN Rini Soemarno Cari Pengganti Karen Agustiawan Yang Bisa Melayani Kepentingan Rakyat

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

PADANGTODAY.com-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said ikut komentar terkait pemilihan direktur utama PT Pertamina yang berlangsung di Kementerian BUMN. Sudirman berharap, Menteri BUMN Rini Soemarno bisa mencari sosok yang tepat pengganti Karen Agustiawan yang telah mengundurkan diri sejak awal Oktober lalu.

Sudirman menyebut ada beberapa syarat yang harus dimiliki bos baru Pertama nantinya. Pertama adalah integritas, kejujuran, kelurusan dalam bertindak, kompetensi, manajerial dan leadership yang harus menjadi pertimbangan dalam mencari pemimpin.

“Bukan semata-mata teknis saja, tetapi pertimbangan lain juga harus diperlukan,” ujar Sudirman di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (28/11).

Selain itu, yang paling penting mencari pemimpin adalah menghindari pemburu jabatan. Sebagai perusahaan minyak nasional, Pertamina harus mampu melayani masyarakat dengan baik. “Kita pilih orang yang hidupnya dipakai untuk melayani masyarakat. Bukan cari eksistensi ataupun power,” kata dia.

Sudirman menambahkan orang yang bakal menggantikan Karen Agustiawan tersebut harus dapat memenuhi kriteria-kriteria atau syarat tersebut. Sehingga, lanjut dia, mampu bekerja untuk kepentingan rakyat banyak. “Itu yang jadi concern saya. Tidak hanya di Pertamina, tapi kalau cari pemimpin dalam urusan Pertamina kita terapkan itu,” pungkas dia.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dikabarkan akan mengumumkan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) siang ini. Dalam agenda yang diterima merdeka.com, pengumuman akan diselenggarakan di Kantor Kementerian BUMN sekitar pukul 15.00 sore.

Bos Pertamina yang ditunjuk nantinya akan menggantikan Karen Agustiawan yang telah mengundurkan diri sejak 1 Oktober 2014 lalu, Pertamina hingga kini masih dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) M. Husen.

Menteri BUMN Rini Soemarno tidak membantah pengumuman bos baru Pertamina akan dilakukan siang ini. “Tapi tidak mau diomongin dulu nanti siang aja ya,” ucap Rini di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (28/11).

Hingga saat ini, Rini enggan menyebut siapa orang yang pantas menggantikan Karen Agustiawan di BUMN perminyakan tersebut.

Sebelumnya, Rini mengaku sudah menyiapkan tujuh nama calon direktur utama PT Pertamina (Persero). Saat ini ketujuh calon pengganti Karen Agustiawan tersebut tengah diproses. “Ada tujuh nama,” ujarnya di Jakarta.(dil/mdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*