Suhatri Bur, Cegah Penggunaan Peredaran Miras dan Narkoba

Wabup Suhatri Bur, Kepala Kesbangpol Yusmanda dan walinagari Koto Baru. H Zulhendrayani saat kegiatan penyuluhan di Aula Kantor Walinagari Koto Baru.

 

Padang-today.com__Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur serius dalam memberantas dan mencegah penggunaan dan peredaran narkoba maupun minuman keras di wilayah Kabupaten Padangpariaman. Hal itu setidaknya terlihat dari beragam program yang digerakkan oleh jajaran Pemkab Padangpariaman selama ini, termasuk diantaranya secara rutin menggelar berbagai kegiatan razia secara mendadak ke sejumlah sekolah di Padangpariaman, yang telah berlangsung sejak dua tahun belakangan. Kegiatan sosialisasi atau penyuluhan juga terus diintensifkan terhadap stake holder yang ada di daerah ini, terutama yang ditujukan terhadap kalangan generasi muda.

Salah satunya terlihat dari kegiatan penyuluhan pencegahan peredaran/ penggunaan minuman keras dan narkotika, yang berlangsung Rabu kemarin, di Aula Kantor Walinagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padangpariaman. Kegiatan penyuluhan diikuti utusan generasi muda dan tokoh masyarakat dari seluruh kecamatan di Kabupaten Padangpariaman. Begitu pula sejumlah walinagari lainnya.

Tampil sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut, Ketua BNK Padangpariaman, Suhatri Bur, BNNP yang diwakili Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Raymon, Dr Adnil Edwin Nurdin dari Unand Padang, Kasat Narkoba Polres Padangpariaman, Iptu Gusnedi,

Seperti terungkap Rabu kemarin, selain aktif melakukan kegiatan penyuluhan, bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, Pemkab Padangpariaman saat ini juga tengah menggagas hadirnya nagari percontohan yang akan diplot sebagai Kampung Bebas Narkoba. Hasil kerjasama dengan jajaran Satnarkoba Polres Padangpariaman.

Kenyataan itu diakui Wakil Bupati Padangpariaman yang juga Ketua BNN Padangpariaman, Suhatri Bur, saat membuka secara resmi kegiatan penyuluhan Rabu kemarin.
“Karena seperti diketahui, memang sudah tidak dinafikan lagi, bahwa daerah kita Padangpariaman saat ini tercatat menduduki peringkat tiga peredaran narkoba terbesar di Provinsi Sumatera Barat. Karena itulah kita dari jajaran Pemkab Padangpariaman sangat komit melakukan pemberantasan peredaran narkoba di daerah ini. Termasuk diantaranya melakukan pengawasan secara intens terhadap kemungkinan adanya praktik penyalahgunaan narkoba di kalangan ASN di lingkungan Pemkab Padangpariaman,” tegasnya.

Suhatri Bur juga menambahkan, komitmen kuat dari Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, juga terlihat dari pemeriksanaan tes urine, yang diawali dari pribadi bupati Ali Mukhni sendiri. “Buktinya waktu di provinsi, Pak Bupati tercatat sebagai kepala daerah pertama di Sumbar yang melakukan tes urine, dihadapan petugas BNNP Provinsi ketika itu,” imbuhnya.

Karena itulah pihaknya mengaku sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan yang digelar Kesbangpol Padangpariaman Rabu kemarin, karena dengan adanya kegiatan tersebut, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, untuk melakukan bisa mencegah penyalahgunaan narkoba di Padangpariaman yang dimulai dari diri sendiri.

“Makanya para peserta yang hadir dalam kegiatan ini diharapkan bisa menjadi corong atau perpanjangan tangan bagi pemerintah daerah, terutama untuk mensosialisasikan pentingnya mencegah peredaran narkoba di tengah masyarakat, yang dimulai dari diri dan keluarga masing-masing,” imbuhnya.

Kepala Kesbangpol Pemkab Padangpariaman, Yusmanda hal senada menjelaskan, pemerintah Padangpariaman sangat komit untuk mencegah peredaran dan penggunaan miras dan narkoba. Baru-baru ini direncanakan pada tahun 2018 mendatang, di Kabupaten Padangpariaman ini bisa segera dibentuk Kampung Bebas Narkoba. Selain itu, kegiatan penyuluhan terhadap generasi muda di daerah ini juga akan terus diintensifkan,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, hasil yang diharapkan dari kegiatan ini, bagaimana meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bahaya narkoba dan minuman keras, di samping menurunkan angka kriminalitas maupun perbuatan maksiat yang dipicu penyalahgunaan minuman keras dan narkoba,” tegasnya.

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, BNNP Sumatera Barat, Raymon mengaku sangat mengapresiasi berbagai langkah yang dilakukan jajaran Pemkab Padangpariaman dalam mencegah peredaran narkoba dan minuman keras di daerah ini. Salah satunya melalui kegiatan penyuluhan Rabu kemarin. Karena kegiatan itu sebut Raymon sangat efektif untuk menyelamatkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba.

Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah diwakili Dan Unit Intel Kodim 0308 Pariaman, Letda Syahrumsyah maupun Kasat Narkoba Polres Padangpariaman, Iptu Gusnedi yang hadir dalam kesempatan itu juga menegaskan komitmen pihaknya untuk mendukung program pencegahan penyalahgunaan dan pemberantasan narkoba yang dilakukan jajaran Pemkab Padangpariaman. Dengan begitu ke depannya diharapkan Kabupaten Padangpariaman nantinya bisa benar-benar terbebas dari ancaman dan bahaya penyalahgunaan narkoba dimaksud. (sgr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*