Suhatri Bur, Tingkatkan Rasa Kepedulian Sosial di Tengah-Tengah Masyarakat

Advertisements

Padang-today.com__Karang Taruna Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar menggelar workshop guna menyikapi permasalahan sosial yang terjadi dalam tatanan kehidupan generasi muda di Hal Saiyo Sakato, Senin 02/12/2019.

Peserta yang terdiri dari seluruh 18 kecamatan dan 103 Nagari di daerah itu cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut sampai selesai.

Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur salah satu narasumber sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, Karang Taruna di tinggkat yang terendah yaitu nagari agar dapat bersinergi dengan pemerintah setempat untuk menyikapi permasalahan yang timbul ditengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, peran Karang Taruna di nagari sangat diharapkan oleh masyarakat, oleh karena itu perlunya di fungsikan sebagaimana mestinya guna menyikapi permasalahan yang ada.

“Karang taruna, jangan selalu di artikan dengan organisasi plat merah. Nah, untuk melihatkan jati diri karang taruna itu harus dilahirkan dari tingkat terendah,” kata Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur.

Ia mengatakan, Karang Tarun itu adalah pilar pilar bangsa yang akan memimpin daerah dan negara. Artinya, organisasi Karang Taruna selalu siap menjadi pemimpin.

Dewasa ini, lanjutnya, fungsi dan kinerja dari organisasi tersebut seakan-akan mati suri, atau jalan ditempat.

“Kita dapat merasakan fenomena itu di berbagai nagari di Padang Pariman, bahwa organisasi tersebut hanya sebatas nama. Peran dan fungsiny tidak terlihat di tengah masyarakat, kita lihat saja di nagari-nagari sekretariatnya aja tidak jelas,” kata dia.

Ia berharap, dengan di gelarnya kegiatan tersebut agar dapat membangkitkan rasa kepedulian sosial anggota yang tergabung dalam wadah itu.

“Dengan lahirnya rasa kepedulian yang cukup tinggi, secara spontanitas permasalahan yang timbul ditengah-tengah-tengah masyarakat dapat teratasi,” ujarnya.

Selain itu, Karang Taruna telah dikenal oleh masyarakat sebagai tenaga sosial. Untuk itu, dengan bersinerginya wadah tersebut dengan pemerintah dapat mengatasi permasalahan sosial yang terjadi dalam tatanan kemasyarakatan.

Ia menghimbau, dengan berfungsinya Karang Taruna di tengah-tengah masyarakat agar dapat menigkatnya ke-tagwaan dan ukhuwah di Padang Pariaman. (herry suger)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*