Suhatri Bur, Tugas Bamus Menampung dan Menyalurkan Aspirasi Masyarakat

Wabup Padang Pariaman, Suhatri Bur (Tengah) bersama undangan berdiri tegap saat menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Padang-today.com__Pentingnya peran Badan Musyawarah (BAMUS) dalam setiap nagari. Kenapa tidak, Bamus diistilahkan layaknya Dewan Perwakilan Rakyat. Sebagaimana halnya Dewan, Bamus juga memiliki andil dalam mengontrol kinerja eksekutif yang berada pada wilayahnya masing-masing. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur pada saat menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Badan Permusyawaratan (Bamus) nagari se Kecamatan Lubuk Alung, di Lubuk Alung, Jum’at 10-03-2017.

“Bamus dinagari di istilahkan DPR Nagari, pasalnya kinerja Bamus sama dengan DPRD yaitu membuat Legitimasi, bugeting, dan menggontrol keuangan, serta mengontrol kerja eksekutif,” ungkap Suhatri Bur.

Suhatri Bur memaparkan tugas pokok yang harus dijalankan oleh anggota bamus sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Selain itu yang tak kalah penting diemban oleh bamus menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta membahas dan mensahkan peraturan nagari (pernag).

Ia mengatakan tugas pertama bagaimana membuat batas wilayah dan peta-peta wilayah. Jika tidak batas wilayah akan bisa memicu selisih paham antara satu nagari dengan nagari lainnya. Oleh sebab itu kita harus dudukkan, jangan sampai anak cucu kita tidak tahu batas dan jangan sampai ada yang memisahkan tapal batas antar nagari.

Selain itu, Bamus harus bersinergi dengan Wali Nagari agar terwujudnya pembangunan di nagari serta menyatukan visi dan misi. “Bamus diharapkan bersinergi dengan Wali Nagari dan berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat agar apa yang menjadi keinginan masyarakat dapat terwujud dengan baik. Bersama-sama Wali Nagari menyatukan visi agar tercipta peraturan nagari yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

Sesuai dengan Undang-undan Desa,lanjut Suhatri Bur,  Bamus tidak diperbolehkan menjadi pengurus partai politik. Oleh karenanya ia berharap kepada seluruh anggota bamus yang dilantik untuk tidak berkecimpung dalam dunia perpolitikan.

Pada kesempatan itu, salah seorang tokoh masyarakat, Irwandi sulin, mengatakan Bamus ini perannya besar sekali yang menentukan arah kebijakan nagari dan menyampaikan harapan masyarakat.

Ia berharap dengan adanya pemekaran nagari, persatuan dan kesatuan Lubuk Alung tetap terjaga. Lubuk Alung mempunyai potensi yang tidak dimiliki oleh nagari lainnya. Lubuk Alung memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang melimpah.

Irwandi mengajak semua masyarakat Lubuk Alung untuk mendukung program pembangunan yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Saat ini Lubuk Alung memiliki 3 Perguruan tinggi, STKIP, Akbid dan STIKES. Di bidang pariwisata, Lubuk Alung menyimpan begitu banyak objek wisata yang mengundang decak kagum wisatawan yang berkunjung kesana. Serta dibangunnya Stadion guna pembukaan Porprov Tahun 2018.

“Mari kita dukung program pembangunan Pemerintah Padang Pariaman dan sekaligus membangun Lubuk Alung dengan konsep kebersamaan dan memaksimalkan potensi yang ada seperti pariwisata bisa kita kembangkan dengan baik. Apabila semua ini terwujud maka akan mendatangkan multiflier effek terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Lubuk Alung” ungkap Irwandi.

Pelantikan ini dihadiri oleh anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat, H.Darmon, Camat Lubuk Alung, Imran, Babinsa Lubuk Alung, fauzi, Plt. Kabag Humas dan Protokol, Handre, Kabid Pemerintahan Desa/Nagari, Heriza Syafani, Alim Ulama serta masyarakat Lubuk Alung sekitarnya. (sg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*