Suhatribur, Narkoba Mengancam Kehidupan Bangsa

Wabup Suhatri Bur

Wabup Suhatri Bur

Advertisements

Padang-today.com__Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menegaskan peredaran dan penyalahgunaan narkoba mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut data, bahwa transaksi narkoba di Indonesia sangat tinggi mencapai 45 Trilyun setiap tahunnya.

“Pengguna barang haram ini cenderung meningkat terutama kalangan generasi muda” kata Wabup SUhatri Bur di Ruang Kerjanya, Parit Malintang, Selasa 13-12-2016.

Dikatakannya bahwa berdasarkan hasil survei penyalahgunaan narkotika menunjukan bahwa, angka prevalensi penyalah guna narkotika di Indonesia cenderung naik dari tahun ke tahun. Pada survei tahun 2015, prevalensi penyalahgunaan narkotika sebesar 2,20% atau lebih dari 4 juta orang yang terdiri dari penyalah guna coba pakai, teratur pakai, dan pecandu.

Di Padangpariaman, jelas Suhatribur, tercatat sebagai daerah rawan peredaran narkoba karena berada di posisi strategis Sumatera Barat. Apalagi didukung dengan keberadaan Bandara Internasional Minangkabau sebagai pintu keluar masuknya jaringan narkoba.

“Hampir setiap minggu, Pak Kapolres menangkap pengedar narkoba. Atas nama daerah dan masyarakat, kita sangat apresiasi” kta Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) itu.

Guna mencegah bahya narkoba, lanjut Suhatri, mesti didukung dengan tindakan nyata seluruh unsur masyarakat dan keluarga serta pemangku kepentingan lainnya.

Selain itu juga diadakan razia-razia di Sekolah-sekolah oleh BNK melibatkan stakeholders. Sejauh ini razia rutin yang dilakukan cukup efektif dalam menekan angka kenakalan remaja. Ke depan, ia mengajak masyarakat untuk mewaspadai adanya warga pendatang yang tidak diketahui indentitasnya.

“Untuk tindakan preventif, masyarakat awasi warga pendatang yang tingkahnya mencurigakan” ujar Mantan Ketua BAZNAS itu. (sg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*