Sukseskan Gelaran TdS, Pemko Pariaman adakan Apel Pasukan

Padang-today.com___Untuk mensukseskan gelaran Tour de Singkarak (TdS), jajaran Pemerintahan Kota Pariaman, mulai dari Pemko Pariaman, Polri, dan TNI, menggelar Apel gelar pasukan pengamanan TdS di Kota Pariaman.

Pada TdS tahun 2018 ini, untuk Kota Pariaman akan dilewati 2 kali, dimana untuk yang pertama akan dilewati pada tanggal 7 November, Stage 4, dari Kota Padang ke Kabupaten Agam, dan yang kedua, pada tanggal 11 November sebagai Grand Finish TdS, atau Stage 8, dimana dimulai dari Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan ke Pantai Kata, Kota Pariaman.

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan, dan dihadiri oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, Dandim 0308 Pariaman, Letkol Arm Heri Pujianto, Kajari Pariaman, Efrianto, Ketua Pengadilan Negeri Pariaman, Sapta Diharja, Ketua Pengadilan Agama Pariaman, Helmi Yunettri, Kepala OPD, Kabag serta personil upacara yang hadir.

Selanjutnya Kapolres bersama Walikota dan Forkopimda Kota Pariaman, melaksanakan pemeriksaan pasukan, yang nantinyya akan bertugas pada pengamanan TdS di Kota Pariaman. Personil pengamanan TdS ini, terdiri dari Polres Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, Dinas Perhubungan, BPBD dan Dinas Pol PP dan Damkar Kota Pariaman.

Genius Umar mengatakan perlunya seluruh stakeholder untuk bekerjasama dalam mensukseskan gelaran TdS di Kota Pariaman, apalagi sejak digelar tahun 2009, dan Kota Pariaman berpartisipasi tahun 2010, belum pernah Kota Pariaman ditunjuk sebagai Grand Start maupun Grand Finish.

“Ditunjuknya Kota Pariaman sebagai tempat Grand Finish adalah kali pertama kita adakan, untuk itu perlu kerjasama seluruh pihak untuk mensukseskan agenda balap sepeda internasional ini”, tukasnya.

Ia juga menuturkan bahwa ajang Sport Tourism, menjadi ajang yang sangat diminati, baik dari kalangan atlit, maupun pengunjung yang datang. Hal ini dapat dilihat dimana setiap digelarnya loba yang bertajuk olahraga di Kota Pariaman, akan menjadi ramai dan menarik.

“Ada berbagai event lomba olahraga yang telah dilaksanakan, mulai dari lomba lari Pariaman Run, lomba sepatu roda tingkat Sumatera, saat ini kita akan menggelar TdS dan nanti di bulan Desember, kita akan menggelar Pariaman International Triathlon”, tukasnya.

Sebagai Stage terakhir ajang lomba sepeda yang menjadi Ajang sport tourism terbesar di Indonesia, dimana TdS menempati Peringkat Kelima, ajang balap sepeda di dunia, Walikota Pariaman ingin ajang Grand Finish nanti, menjadi penutupan lomba yang menyenangkan dan mempunyai kenangan terhadap Kota Pariaman.

“Kita berharap ajang Grand Finish TdS 2018 nanti, dapat memberikan sebuah kenangan bagi para Atlit dan official yang datang, sehingga para atlit yang datang dari berbagai negara ini, dapat menceritakan pengalamanya selama di Kota Pariaman, kepada saudara dan koleganya dimana mereka berasal”, tutupnya.

Setelah mengelar Apel pasukan, rombongan yang dipimpin oleh Walikota Pariaman dan Kapolres Pariaman bersama Forkopimda, mengecek rute jalur yang akan dilewati oleh pembalap sepeda di TdS tahun ini.

Sebagai catatan, TdS berdasarkan jumlah penonton, berada di peringkat ke-5 dunia. Atau, hanya kalah dari Tour de France (12 juta penonton), Giro de Italia (8 juta), Vuelta a Espana (5 juta), Santos Tour Down Under (750 ribu). (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*