Susu Padang Panjang Dilirik Fonterra Brand

Padang Panjang, Padang-Today.com – Pemerintah Kota Padang Panjang dengan PT. Fonterra Brand Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman Klaster Kemitraan Persusuan di Aula Lt.III Balaikota, Senin (12/3).Penandatangan tersebut disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, Plt.Sekdako Indra Gusnady, SE, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Syahdanur, GM Global Diary Development Forterra New Zealand Mr. Cris Ward, perwakilan Dinas Peternakan Sumbar dan sejumlah petani sapi perah yang ada di Kota Padang Panjang.

Advertisements

Presiden Direktur PT. Fonterra Brand Indonesia Mr.Sekhar Rapaka dalam sambutannya menyampaikan, PT. Fonterra Brand Indonesia adalah pemegang merek sejumlah produsen susu di Indonesia serta juga sebagai pemasok 30 persen kebutuhan susu dunia. Sangat bisa dikembangkan menjadi produsen susu di Indonesia, dilihat dengan potensi susu yang ada di Padang Panjang.

“Keberadaan kami sejak tahun 2012 lalu telah memberikan pembinaan dan pendampingan kepada seluruh petani sapi perah ini, dan juga tiga orang alumni PT. Fonterra yang kami magangkan ke New Zealand guna dapat melihat secara langsung bagaimana pola pengembangan sapi perah yang ada di sana,” jelas Shekar Rapaka.

Selanjutnya, Sheker Rapaka berharap melalui kerjasama ini, diharapkan sekitar 300 peternak yang ada di Padang Panjang bisa memanfaatkan keahlian kelas dunia Fonterra dalam bidang persusuan. Komitmen dari Fonttera ini telah mendapat dukungan dari Kementrian Pertanian, Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan, yang memungkinan Fonterra berperan dalam memenuhi kebutuhan produk nutrisi susu berkualitas.

Klaster Kemitraan Persusuan bertujuan untuk mendukung dan memobilisasi peternak sapi perah di Padang Panjang dalam pemasok susu, meningkatkan produksi dan kualitas susu, meningkatkan populasi sapi perah, menambah pendapatan, serta meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan komunitas sekitar.

Sementara itu, Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM menambahkan sangat mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT. Fonterra Brand Indonesia yang telah menjalin kemitraan persusuan dengan koperasi susu sapi perah yang ada di Kota Padang Panjang.

“Tidak diragukan lagi, sebagai produsen susu internasional serta kualitas produk yang dihasilkan oleh Fonterra, begitupun dalam pengolahan dan proses produksi susu. Fonterra telah memiliki 100 ribu peternak di New Zealand, jika satu perternak memiliki 400 ekor ternak saja, berapa ribu liter susu yang dihasilkan perharinya. Jadi, tidak heran kalau Fonterra mensuplai kebutuhan 30 persen susu dunia,” tutur Irwan.

Selain penandatangan kerjasama, juga dilakukan penyerahan bantuan kepada Koperasi Sapi Perah Merapi Singgalang yaitunya sejumlah unit alat pengolahan susu serta juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada wanita lulusan dari Women in Dairy dalam rangka Hari Perempuan Sedunia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*