Swiftkey Memiliki Kerentanan Yang Bisa Dipakai Oleh Hacker

Swiftkey

Swiftkey

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Salah satu aplikasi keyboard Android bawaan smartphone Samsung, Swiftkey, diklaim bisa dimanfaatkan hacker untuk melakukan peretasan. Otomatis, jutaan smartphone Samsung kini berada dalam bahaya.

Menurut NowSecure, salah sau organisasi keamanan internet, mengatakan bila Swiftkey memiliki kerentanan atau bug yang bisa dipakai oleh hacker untuk menginstal virus di smartphone atau mencuri data personal pengguna, GSM Arena (16/06).

Pakar keamanan NowSecure, Ryan Welton, juga sudah mengungkap cara seorang hacker memanfaatkan celah keamanan di Swiftkey. Pertama, Swiftkey bisa ‘tipu’ agar mengunduh update yang sejatinya berisi kode (virus) berbahaya.

Sekali virus itu berhasil masuk sistem smartphone, maka hacker bisa dengan mudah mendapatkan data smartphone, termasuk pesan.

Untungnya, hanya aplikasi Swiftkey bawaan di smartphone Samsung saja yang diyakini mengandung bug. Sementara Swiftkey yang didapat dari Google Play Store aman untuk dipakai.

Akan tetapi, tetap saja kasus ini menjadi mimpi buruk bagi Samsung. Mengingat di luar sana ada 600 juta smartphone Samsung yang mempunyai Swiftkey sebagai aplikasi bawaan.
(bbo/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*