Tabigh Akbar di Pantai Gandoriah dihadiri Ribuan Jemaah

Pariaman,padangtoday.com-Ribuan jemaah BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) se Sumatera Barat dan masyarakat Kota Pariaman tumpah ruah menghadiri Tabliqh Akbar menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1437 H yang sekaligus hari perdana rangkaian pelaksanaan Pesta Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2015 di Pantai Gandoriah, Rabu (14/10).

Advertisements

Acara yang menghadirkan Syekh K.H. Sa’adih Al Batawi, pimpinan majelis dzikir As-Samawaat Al Maliki dari Tangerang Banten sebagai pemberi tausiah utama itu juga dihadiri oleh Ketua PKDP Sumbar Muslim Kasim, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wawako Genius Umar, Dandim 0308 Pariaman Letkol.Inf. Persada Alam, Sekdako Armen, Anggota DPRD Sumbar Endarmi, Ketua TP PKK Ny. Dafreni Mukhlis, Ketua GOW Ny. Lucyanel Arlim Genius, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, tokoh masyarakat sekaligus wartawan senior Sumbar Gusfen Khairul, tokoh masyarakat Pariaman yang ada di rantau seperti Sudirman Gani, Taufiq Abas dan ibu Nemelia, para Kepala SKPD, Badan, Camat, Kabag, kepala desa/lurah se-Kota Pariaman hingga wisatawan yang berlibur di Pantai Gandoriah.

Sebelumnya, ribuan pelajar mulai dari tingkat TK sampai SMU se-Kota Pariaman juga melakukan Pawai Taaruf, yang dimulai dari balaikota pariaman menuju pantai Gandoriah yang dilepas oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar. Semaraknya tahun baru islam ini menjadikan Kota Pariaman paling sukses menyelengarakan 1 Muharam 1437 H, yang terbesar di Sumatera Barat untuk tahun ini.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahaman mengucapkan selamat tahun baru islam kepada hadirin yang hadir,  semoga datangnya tahun baru Hijriyah ini menjadi sumber inspirasi bagi kita dalam memantapkan langkah yang akan kita ambil, dan bersyukur serta bersemangat untuk melakukan Hijrah pada tahun ini menjadi pribadi muslim yang lebih baik, tidak hanya baik secara pribadi tetapi juga memiliki kesholehan sosial.

Dengan Ribuan masyarakat yang hadir di acara tabliqh akbar dari sisi pariwisata sangat menguntungkan. Wako mengatakan Kota Pariaman adalah daerah tujuan wisata religius yang nyaman, ini sesuai dengan visi Kota Pariaman sebagai Kota Tujuan Wisata dan Ekonomi Kreatif yang berbasis lingkungan, budaya dan agama. Mukhlis Rahman juga menambahkan tentang pentingnya Ukhuwah Islamiyah, karena dengan solidnya ukhuwah islamiyah islam akan kembali hadir dan kokoh di permukaan bumi ini.

Mukhlis yang didampingi Ny. Dafreni Mukhlis saat itu, juga menuturkan bahwa pariwisata membawa multipalyer-effect terhadap ekonomi masyarakat. Karena itu sektor pariwisata dinilai paling potensial untuk ditonjolkan. Berbagai sarana dan prasarana terus dilakukan hingga progress pertisius untuk membangun mesjid terapung Pariaman di Pantai Gandoriah yang saat ini sedang dalam proses kajian amdal.

Syekh K.H. Sa’adih Al Batawi dalam Tausiahnya mengatakan bahwa orang Pariaman harus bangga pada daerahnya. Menurutnya Pariaman dikenal di mana-mana di seluruh pelosok nusantara hingga ke mancanegara karena salah satu daerah pusat penyebaran agama islam di nusantara yaitu Syekh Burhanudin. Lebih lanjut dia menjelaskan tentang pentingnya menimba ilmu agama sampai ke liang lahat, sehingga apa saja yang kita perbuat selama di dunia dapat bermanfaat bagi orang lain, dan mempunyai bekal amal ibadah, ilmu yang bermanfaat dan sedekah untuk bekal ketika kita menghadap sang khalik. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*