Tahun Ini Kabupaten Padang Pariaman Luncurkan Dana Program PKH Sebesar Rp 90 Miliar

Kepala Dinas Sosial Padang Pariaman Gusnawati Saleh Bersama Mentri Sosial Republik Indonesia  Khofifah Indar Prawangsa

Kepala Dinas Sosial Padang Pariaman Gusnawati Saleh Bersama Mentri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Prawangsa

Advertisements

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.com-Tahun 2015 ini Kabupaten Padang Pariaman akan menlucurkan dana Program Pendamping Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp.90 milyar, dana PKH sebanyak itu bersumber dari APBN dan APBD.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Padang Pariaman Dra.Gusnawati Saleh, MM di Pariaman, Senin (27/04/2015). “Dana sebesar Rp.90 milyar tersebut akan dibagikan kepada 2.680 orang Keluarga Harapan yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman. 2.680 Keluarga Harapan penerima bantuan ini sebelumnya dilakukan telah melakukan verifikasi dan validasai data ke 17 Kecamatan,” kata Gusnawati Saleh.

Gusnawati Saleh menambahkan, dana PKH tersebut nantinya akan disalurkan PT.Pos Indonesia dan PT.Bank Tabungan Negara.Jumlah yang diterima Keluarga Harapan bervariasi mulai dari Rp.800 ribu s/d Rp.3,5 juta.

“Saya berharap dana bantuan Keluarga Harapan betul-betul dapat dimanfaatkan penerima sesuai peruntukannya baik itu untuk kesehatan maupun untuk pendidikan. Jangan sampai disalahgunakan karena pihaknya bersama PKH di kecamatan akan melalukan pemantauan dilapangan,” jelas Gusnawati Saleh.

Gusnawati Saleh menambahkan, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program perlindungan sosial melalui pemberian uang tunai kepada keluarga sangat miskin selama keluarga tersebut memenuhi kewajiban.PKH diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga juga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi.

“Jadi PKH ini diharapkan dapat mengubah prilaku keluarga sangat miskin untuk memeriksakan ibu hamil, nipas dan balita ke fasilitas kesehatan dan mengirimkan anak sekolah dan fasilitas pendidikan. Jadi target Pemerintah PKH ini dalam jangka panjang diharapkan akan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi,” tambah Gusnawati Saleh. (Darwisman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*