Tak Sengaja, Polisi Temukan Senpi Dan Ganja Usai Tertibkan Kedai Tuak

Fhoto : Empat orang pemuda berhasil diamankan Polsek Lintau Buo dalam kasus kepemilikan narkoba jenis ganja kering, dan satu orang lainnya berinisial ED dinyatakan buron karena memiliki senpi rakitan jenis revolver. (ddy)

Advertisements

TANAH DATAR, www.padang-today.com,- Berawal dari penertipan warung tuak (arak) di wilayah hukum Polsek Lintau Buo, Polisi juga menemukan narkoba jenis ganja kering dan sepucuk senjata api rakitan jenis Revolver dan 1 buah amunisinya, Kamis (19/04/18) di sebuah rumah milik ED (45) warga Jorong Ustano Nagari Buo Kecamatan Lintau Buo.

Operasi Cipta Kondisi yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Lintau Buo AKP Nasrul ini juga melibatkan dua orang dua orang anggota koramil Lintau tersebut juga berhasil mengamankan empat orang pemuda karena diduga menyimpan narkoba jenis ganja kering, masing masing AF (20), AS (20) warga Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo dan FK (21) warga Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo serta JA (20) warga Buo.

“Mereka diamankan karena diduga memiliki narkoba jenis ganja kering, dan ED saat ini masuk dalam daftar DPO kepolisian karena kepemilikan sejata api rakitan jenis Revolver dan juga ganja kering,” ungkap Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas melalui Kapolsek Lintau Buo AKP. Nasrul kepada www.padang-today.com, Jumat (20/04/18) di Lintau.

Penangkapan ke empat pemuda ini kata Kapolsek berawal dari operasi cipta kondisi menertibkan warung warung tuak yang sudah sangat meresahkan yang sebelumnya juga sudah dilaporkan masyarakat kepada pihaknya.

“Pada saat menertipkan warung tuak milik U (42 tahun) warga Jorong Cenderawasih Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo, didapati tiga orang pengunjung sedang mengkosumsi daun ganja, setelah kita introgasi ketiganya AS, AF dan SK mengaku mendapatkan barang tersebut dari JA,” ungkap Kapolsek Nasrul.

Setelah pihaknya menangkap JA, ia pun bernyanyi kalau daun ganja itu didapat dari ED (buron). Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Satres Narkoba Polres Tanah Datar dan mengeledah kediaman ED.

“Saat pengeledahan dirumah ED yang sempat kabur saat penangkapan ini, kita menemukan sepucuk senpi beserta 1 amunisinya yang disimpan didalam lemari dan alat penghisap sabu (bong), plastik bening yang diduga pembungkus sabu, timbangan digital serta satu paket kecil ganja,” terang Nasrul.

Untuk keempat tersangka ini ucap AKP. Nasrul sudah diamankan dan dilimpahkan ke Polres Tanah Datar untuk dilakukan pengembangan guna penyidikan lebih lanjut.

Selain itu, polisi juga berhasil menyita 1/2 jeregen tuak di kedai Uoyon (37) warga Jorong Batang Buo, 1/2 jeregen tuak di warung Nurizam (43) di Simpang Ustano Nagari Buo, 1/2 jeregen tuak di warung Alfianur (32) warga Pinang Baririk Nagati Taluk, 2 botol miras di warung Ratna Wilis (45) Simpang Setangkai, swrta 1/2 Jerigen tuak di warung Irwan Junaidi (42) warga Jorong Cendrawasih Koto Panjang Nagari Tigo Jangko.

“Para penjual tuak ini sudah kita lakukan pembinaan dengan membuat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya,” pungkas Nasrul.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*