Tampil Di Inacraft 2018 Di Jakarta, Songket Limpapeh Pandai Sikek dan Tenunan Pamasihan Go International

Fhoto : Galery Dekranasda Tanah Datari tampil pada ivent Inacraft 2018 di Jakarta,(ddy)

Advertisements

Jakarta, www.padang-today.com,- Pameran produk kerajinan daerah di penjuru Nusantara kembali di gelar, Kabupaten Tanah Datar tampilkan produk unggulan Songket Limpapeh Pandai Sikek dan Tenunan Pamasihan di ajang Trade Fair Inacraft 2018, Rabu (25/04/18) di Hall Jakarta Convrention Center Senayan, Jakarta.

Hasil produk unggulan Tanah Datar ini merupakan karya anak nagari yang memiliki keunikan dalam paduan warna, khususnya tenun pamasihan yang memakai warna alami, sehingga Dekranasda Tanah Datar mengikut sertakan produk unggulan dari Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara di Inacraft 2018 ini.

Selain Tanah Datar dengan songket dan tenunannya, acara yang dilaksanakan dari tanggal 25 April hingga 29 April 2018 ini, diikuti oleh 1.395 peserta dari seluruh pelosok tanah air dengan menampilkan aneka kerajinan daerahnya.

Ajang pameran kerajinan tangan the biggest and the most complete exhibition of gifts and housewares tahun 2018 yang mengusung adat dan budaya Sumatera Utara ini juga dibuka resmi Wakil Presiden RI Yusuf Kalla.

Ketua Dekranasda Tanah Datar Emy Irdinansyah mengatakan jika Inacraft ini merupakan Ivent Produk Kerajinan Anak Bangsa yang ke 20, dan pada tahun 2018 ini Kabupaten Tanah Datar menampilkan dan membawa Galery hasil tenunan Pamasihan, Lintau dan Songket Limpapeh daerah Pandai Sikek.

Emy Irdinansyah juga menyebutkan, jika keikutsertaan Dekranasda pada Inacraft 2018 ini adalah untuk lebih mengenalkan produk unggulan Tanah Datar kepada publik, sehingga bisa Go International.

“Selama ini Tanah Datar sudah cukup di kenal dengan songket dan tenunnya, dan di ivent Inacraft ini kesempatan kita mempromosikan songket dan tenun Go Internasional dengan kualitas dan keunikan kerajinan daerah itu,” ucap Emy Irdinansyah.

Fhoto : Ketua Dekranasda Tanah Datar Emy Irdinansyah, saat mengunjungi Galery Tanah Datar di Inacraft 2018 Jakarta.(ddy)

Songket Limpapeh dan Tenun Pamasihan kata Emy, adalah kerajinan yang memiliki nilai karya yang tinggi dan sangat berhubungan dengan potensi wisata, budaya dan alam yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

“Keikutsertaan IKM yang kita bina selama ini, membawa Gallery Songket Limpapeh Pandai Sikek dan kerajinan tenunan pamusihan. Ini karena keunikan dengan pewarna alam, serta sulaman, ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap kerajinan daerah, serta kita juga saat ini sedang menggalakkan one village, one product,” ucapnya.

Ia berharap hasil kerajinan Tanah Datar kedepan semakin maju dan go Internasional, ditambah lagi kita saat ini sudah memiliki sentra tenun Kriya Minang di Lintau yang tidak lama lagi bakal diresmikan.

Untuk itu Ketua Dekranasda Tanah Datar ini berharap kepada seluruh perantau minang yang ada di Jakarta dan sekitarnya, untuk mendukung para kreator kita dibidang tenun maupun kriya lainnya sehingga para kreator di Tanah Datar khususnya dan Sumatera Barat umumnya semakin jaya.

Turut mendampingi Ketua Dekranasda ini, Kadis Koperindag Abdul Hakim, Kabag Umum Nofendril, Kabid Perindustrian Wilda Anas, Kabid Ekonomi Baperlitbang Wina Marta Yeni dan Tim Teknis Inacraft 2018. (ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*