Targetkan Adipura, Wako Perintahkan Lurah-RT Bersinergi

silaturahmi dengan rtPadangpanjang, Padangtoday—Guna mencapai harapan terwujudnya lingkungan yang bersih dan asri, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang mengsinstruksikan pejabat kelurahan untuk meningkatkan sinergisitas dengan jajaran perangkat RT setempat.

Advertisements

Melalui keterlibatan langsung perangkat masyarakat di lingkungan kelurahan, diyakini upaya pengelolaan kebersihan tidak sulit untuk dilakukan. Hal ini tidak hanya berimbas secara langsung bagi kesehatan dan kenyamanan masyarakat, namun juga memberikan kontribusi besar terhadap target pemerintah guna meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan kota.

“Terwujudnya lingkungan dan kota yang bersih, hanya dapat dicapai dengan baik jika semua elemen berperan baik pula. Karena itu dalam pertemuan dengan seluruh perangkat RT sebelum ini, kami sangat tegaskan perlunya sinergisitas pihak kecamatan dan kelurahan hingga perangkat RT,” tutur Hendri Arnis didampingi Asisten I Sonny Budaya Putra.

Terkait upaya pemerintah dalam meningkatkan pengelolaan kebersihan daerah berjuluk Serambi Mekkah itu, Wako Hendri menyampaikan telah melakukan perekrutan tenaga harian lepas di setiap kelurahan. Hal ini disebutkannya, guna memastikan penanganan kebersihan di setiap sudut kota berhawa sejuk itu.

Meski demikian, kesadaran dan kepedulian masyrakat tetap sangat diperlukan untuk mencapai kondisi lingkungan yang benar-benar bersih dan nyaman serta asri. Minimal dikatakannya, setiap personal masyarakat atau keluarga memastikan lingkungan rumah masing-masing bersih dari sampah dan rumpu liar.

“Jika setiap masyarakat kita memiliki kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih, didorong juga dengan tenaga kebersihan yang ada di kelurahan, maka kami yakin Padangpanjang kembali akan mendapatkan penghargaan tertinggi bidan kebersihan berupa Piala Adipura Kencana,” ujar Sonny menambahkan.

Selain prirotas terhadap kebersihan menuju kota Adipura Kencana, Pemko Padangpanjang melalui sinergisitas RT, lurah dan camat juga diharapkan mampu menguatkan sejumlah program lainnya. Yakni di antaranya Siskamling, meramaikan masjid di waktu subuh.

“Melalui sinergisitas tiga komponen pemerintah yang paling terdekat dengan masyarakat tersebut, diyakini akan memberikan kotribusi di berbagai lini. Terutama keamanan lingkungan dengan menggalakkan Siskamling,” pungkas Sonny. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*